Pemdes Kiarajangkung Gelar Musdesus, Validasi, Finalisasi, Dan Penetapan Data Calon Keluarga Penerima Manfaat Anggaran Tahun 2021

0

Reporter: Anton

KAB TASIK .FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Desa Kiarajangkung, melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) validasi, finalisasi, dan penetapan data calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT – DD) Tahun anggaran 2021.

Setelah Musdesus, di lanjutkan dengan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes), penetapan prioritas pengunaan anggaran dana Desa tahun 2021, yang mengambil tempat di gedung serbaguna Desa Kiarajangkung, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, Senin ( 25/1/2021).

Dalam kesempatan itu turut dihadiri Sekmat Kecamatan Sukahening, Kepala Desa dan perangkatnya, Ketua BPD dan anggotanya, Babinmas, para pendamping Desa, RT dan RW, dan perwakilan masyarakat Desa, tokoh masyarakat, dan Tokoh agama.

H. Asep Wawan, S.Sos, Kepala desa Kiarajangkung, ketika ditemui fokuspriangan, menyampaikan kami pemerintah desa hari ini (kemarin”red) melaksanakan dua agenda kegiatan yang pertama melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) validasi, finalisasi dan penetapan data calon Keluarga Penerima Manfaat ( KPM), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT – DD) Tahun anggaran 2021. Dan dilanjutkan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes), penetapan prioritas pengunaan anggaran Dana Desa tahun 2021,”ucap H. Asep Wawan, S.Sos.

Masih menurut Asep untuk Musdesus Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang sudah ditetapkan kurang lebih 90 KK yang sudah disepakati, karena itu hasil dari ajuan yang bermula dari RT. Dalam musyawarah kedusunan dan dari kedusunan menyerahkan data ke pemerintah desa hasil seleksi dan validasi, untuk anggaran tahun 2021 mudah – mudahan bisa mengcover semua yang tidak termasuk mendapatkan bantuan BPNT, PKH dan BST. Di perkirakan BLT setahun, dengan anggarannya total dari dana desa tahun 2021 sekitar Rp.324 juta. Untuk sisanya di gunakan untuk program pemberdayaan, dan padat karya tunai,”Katanya.

Lanjut Asep, untuk MusrenbangDes kami penetapan prioritas pengunaan anggaran Dana Desa tahun 2021, yang sudah di tetapkan APBDes, hari ini oleh masyarakat direkap kembali karena ada yang tidak sesuai dan sekarang dalam MusrenbangDes di sesuaikan.

Mudah mudahan bisa tercover, dari mulai program pemberdayaan karena besar anggaranya, yaitu pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang jumlahnya 337 balita, wasting (waspada stunting) ada 9 bayi karena tinggi dan berat badannya tidak proporsional hampir mendekati stunting jadi diantisipasi oleh desa sebanyak 9 balita, yang 3 oleh dinas kesehatan dalam hal ini puskesmas Sukahening, dan yang 6 orang oleh desa itu perharinya diperkirakan Rp .20 ribu satu bayi per 3 bulan jadi per 90 hari itu ditanggung makanannya. selanjutnya untuk PKK difokuskan ke pelatihan-pelatihan ibu rumah tangga diantaranya, ada pemanfaatan perkarangan, pelatihan untuk makanan yang sehat, perkoperasian, keagamaan dan fokus untuk pencegahan narkoba.” Ada juga anggaran Rp.10 juta untuk pelatihan BUMDES , BUMDES hari ini akan diganti pengurus yang lama dengan yang baru. Karena banyak yang harus dikembangkan di desa Kiarajangkung, dan Insya Alloh yang sisanya akan di anggarkan untuk padat karya tunai untuk insfratruktur ada juga untuk untuk pengajuan rumah tidak layak huni dengan kisaran anggaran Rp. 20- 25 Juta, diantaranya Kp.Cipalegor, dan Kp. Kiarajangkung dan mudah – mudahan untuk RTLH yang lain bisa di cover oleh program pemerintah Pusat dikisaran antara 20-25 per unit ,”Ungkapnya.

Ia menambahkan rencana untuk insfratruktur jalan setapak dan irigasi di anggarkan Rp.100 juta .mungkin nanti dari pada ini tidak nyampai lebih baik kita larikan untuk ke pemberdayaan kami masih menunggu usulan dari tiap-tiap kampung, seperti nya karang taruna mempunyai kegiatan apa misalnya untuk budidaya ikan atau ternak domba kami masih menunggu, dan untuk sementara insfratruktur yang lain yang tidak tercover oleh dana desa, dan kami sudah mengajukan ke pihak pemerintahan kabupaten, Provinsi dan Pemerintah pusat.

Harapannya semua yang diterima oleh desa yang pertama ada manfaat untuk masyarakat dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, kedua mudah-mudahan adanya covid ini cepat berlalu karena kami merasakan dampaknya di desa juga terganggu, karena adanya covid 19 bukan berarti kita menghindari tapi harus ditangani dengan adanya covid sebagian anggaran sebagian besar penanganan dampak covid. Tetapi mudah mudahan dana lain dari pemerintahan kabupaten, provinsi, dan pusat, itu ada untuk desa untuk insfratruktur, juga harapan kami untuk masyarakat bisa berbesar hati karena tidak semua kebutuhan yang di ajukan oleh masyarakat tercover ,”Tandasnya.

Sementara ditempat yang sama Yayan Supriyadi, Sekmat Sukahening , mengatakan saya sebagai perwakilan pemerintah kecamatan Sukahening, menghadiri dalam pelaksanan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) validasi, finalisasi dan penetapan data calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT – DD) Tahun anggaran 2021. Dan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes), penetapan prioritas pengunaan anggaran Dana Desa tahun 2021, di Desa Kiarajangkung”, Kata Yayan Supriyadi.

Lanjut Yayan, pelaksanaan Musdesus dan MusrenbangDes sesuai dengan harapan tiga menteri, kegiatan tahun 2021 ini lebih cenderung ke BLT, untuk bidang kesehatanya tentang pencegahan stunting, posyandu dan selanjutnya untuk pembangunan insfratruktur, juga masih tidak terlupkan ada Rutilahu. dan Alhamdulillah dalam Musdesus dan Musrenbangdesa, semua terakomodir untuk kiarajangkung di tahun 2021 sesuai masukan dari masyarakat yang dipimpin oleh BPD ,” Pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  ARM, Bakal Calon Bupati Tasik Gelar Silahturahmi Bareng Warga di Kec.Sukahening

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here