TPA di Desa Cikaso, Selain Tempat Buang Sampah Kini Bisa Sebagai Taman Wisata Edukasi

0

Reporter: Revan

KAB.CIAMIS,FOKUSPRIANGAN.ID – Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Yang berada di Desa Cikaso, Kecamatan Banjanjaranyar, Kabupaten Ciamis, selain tempat buang sampah kini bisa sebagai taman wisata edukasi anak anak sekolah.

Taman edukasi ini merupakan tempat wisata belajar masyrakat mulai dari tingkat anak Paud, SD dan SMP.

Kepala UPTD DPRKPLH, Muhaemin Zahid menuturkan, kini TPA Banjaranyar selain tempat pembuangan sampah juga bisa sebagai taman edukasi bagi anak anak sekolah.

“Di area taman wisata edukasi tersebut┬á terdapat penangkaran burung, Tanaman┬ápohon pepaya, pohon pisang dan masih banyak yang lainnya,” jelasnya.

Untuk saat ini, jumlah pengunjung yang datang masih sedikit, apalagi anak anak sekolah masih belajar daring, mengingat situasi covid – 19 masih belum berakhir, jadi kita belum bisa maksimal untuk mensosialisaikannya kepada masyarakat,”katanya.

Dikakatakan Zahid, sedangkan untuk sampah yang masuk ke TPA Banjaranyar mencapai 12 ton perharinya, sampah tersebut berasal dari Pasar Banjarsari dan perumahan warga.

“Sebelum di buang ke tempat penampungan, sampah di timbang terlebih dahulu. Setelah itu, baru dibuang ke tempat┬á penampungan.┬á

Zahid menuturkan, sebenarnya secara aturan, sampah yang masuk ke TPA itu sampah yang sudah tidak terpakai atau residu.Namun karena keterbatasan peralatan dan tenaga akhirnya sampah plastik pun dimasukan ke sini.

“Tapi kita diminimalisir dengan adanya Bank Sampah. Jadi sampah plastik dan hal – hal yang masih dapat dimanfaatkan dipilah. Kemudian dijual di Bank Sampah dan hasilnya pun lumayan untuk tambahan uang jajan atau rokok petugas pemungut sampah,” Katanya.

Sedangkan untuk pengolahan sampah organik, pihaknya masih kekurangan peralatan dan tenaga. Untuk itu dirinya tengah mengajukan alat perajang kompos.”Pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Diduga Terjadi Penculikan Seorang Gadis Remaja di Panjalu Ciamis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here