Gapoktan di Pamarican: Pertanyakan PT Mitra Desa Pamarican Kab Ciamis Tidak Bisa Menyerap Gabah Dari Petani Secara Maksimal

0

Reporter: Revan

KAB.CIAMIS,FOKUSPRIANGAN.ID – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Wiji Mekar Mandiri mempertanyakan PT Mitra Desa Pamarican (MDP) Kabupaten Ciamis tidak bisa menyerap Gabah dari petani secara maksimal.

Hal tersebut di katakan perwakilan Gapoktan, Wiji Mekar Mandiri Dadan Nurhidayat, saya sebagai perwakilan Gapoktan punya beban moral dari petani, karena PT MDP tidak bisa menyerap gabah dari petani petani se – Kecamatan Pamarican secara maksimal.

“PT MDP itu merupakan Korporesasi petani dengan Gapoktan Mekar Wiji Mandiri yang membawahai 14 Gapoktan di Kecamatan Pamarican, jadi untuk pengadaan Gabah itu dari gapoktan gapoktan belum maksimal di serap oleh PT MDP,”ujarnya.

Sekarang PT MDP baru bisa menyerap Gabah dari Gapoktan, baru mencapai 60 presen saja padahal, harapan petani dari setiap minggunya PT MDP bisa menyerap gabah  minimal 150 ton sampai 200 ton,”ucapnya. Rabu (20/01/2021).

“Jangan kaya minggu kemarin, bisa buka PO, tetapi minggu sekarang gak bisa PO Gabah, entah ada apa kendala yang di alami PT MDP dua bulan ke belakang ini, sehingga penyerapan Gabah tidak maksimal,”jelasnya.

Di temui di kantornya, Dirut PT MDP Solehudin menjelaskan, kendala yang di alami oleh perusahaan sekarang ini, kami masih berdasarkan pada maket pasar.

Sekarang pasar kami kemampuannya baru mencapai 400 ton petahunnya, padahal dari sisi lain Pul kapasitas pabrik sekitar 960 ton sehingga sepeknya masih luas.

“Tetapi sesungguhnya kami untuk produksi full kapasitas bisa, tetapi kalolau market nya tidak ada mau di lempar kemana beras ini, sehingga untuk serapan gabah dari gapoktan masih di atur kuota yang yang di serap oleh MDP, berdasarkan maket yang kita miliki jadi kami menyesuaikan maket.”ujarnya.

Selain itu juga kami memperhatikan keberadaan penggilingan pengilingan yang sudah ada sebelumnya, sehingga kami cuma menargetkan kuota peyerapan gabah 30 presen dari kuota gabah yang di hasilkan di Kecamatan Pamarican.”pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Monitoring Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Tahap VI Oleh Staf Kecamatan Mangkubumi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here