Sebanyak 474 Jiwa Terdampak Banjir Bandang di Cisarua Bogor Diungsikan ke Lokasi Yang Aman

0

Reporter: Arip Rahman

BOGOR.FOKUSPRIANGAN.ID – Akibat bencana banjir bandang, sebanyak 474 jiwa warga Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor terpaksa diungsikan. Hal ini dinyatakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Bogor, pada Selasa (19/1/21) pagi. “400 rumah terdampak atau 474 jiwa sudah berhasil dievakuasi,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor Budi Pranowo kepada wartawan.

Budi mengungkapkan, ratusan korban banjir bandang itu kini mengungsi di masjid yang lokasinya tak terdampak banjir.

Banjir bandang tersebut menyebabkan puluhan rumah warga rusak, bahkan beberapa akses jalan di wilayah tersebut tak dapat dilalui kendaraan.
Namun demikian, hingga kini ia belum dapat memastikan mengenai korban jiwa atau korban hanyut terbawa aliran sungai yang meluap, karena masih dalam proses penanganan. “Tim BPBD terdiri dari tim evakuasi dan perlengkapan, tim tenda shelter logistik, serta tim P3K dengan ambulans untuk menjemput apabila ada pengungsi,” kata Budi.

Kepala BMKG Pusat, Dwi Korita Karnawati mengatakan banjir bandang biasanya terjadi akibat insensitas hujan yang tinggi berkombinasi dengan longsor di hulu. “Insensitas hujan yang tinggi puncaknya terjadi sekitar bulan Januari dan Febuary, jadi masyarakat harus waspada bencana hidrometeorologi,” tandasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Pengedar Sabu Sabu Diringkus Sat Reserse Narkoba Polres Sukabumi Kota di Rumahnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here