Kapolres Tasikmalaya Kota di Dampingi Kepala BPBD Bersama Kepala Desa Terjun Langsung Ke Lokasi Banjir di Kp Hegarsari

0

Reporter: Hendra-Anton

KAB TASIK .FOKUSPRIANGAN.ID – Hujan yang terus mengguyur secara merata di wilayah kabupaten Tasikmalaya, menyebabkan bencana banjir di Desa Tanjungarsari, Kecamatan Sukaresik, akibat dari meluapnya air sungai Citanduy–Cikidang sekitar pukul 23.00 Wib malam kemarin.

Kapolres Tasikmlaya Kota AKBP Doni Hermawan, S.H, S.IK, Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya Nur Aedin dan Amas Kepala Desa Tanjungsari, terjun langsung ke lokasi banjir di Kp Hegarsari, Desa Tanjungsari , Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (14/1/2021).

AKBP Doni Hermawan, S.H, S.IK, Kapolres Tasikmalaya Kota, mengatakan pada hari ini kami Polres, BPBD Kabupaten Tasikmalaya, kepala desa dan unsur dari Polri terjun langsung kelokasi untuk mengecek secara langsung Kampung yang tergenang akibat curah hujan yang cukup tinggi dari kemarin ada genangan air sampai tadi malam, namun pantauan hari ini sudah menyusut yang awalnya tinggi itu 70 cm hari ini sudah sekitar 40 cm.”ucapnya.

Masih di katakan Kapolres mudah – mudahan disore hari bisa menyusut, kemudian pantauan kami warga juga masih bertahan di rumah masing-masing namun memang ketinggiannya tidak terlalu tinggi jadi tidak perlu dilakukan evakuasi. Namun kami juga akan menyiapkan dapur umum seandainya cuaca hari ini masih hujan dan kalau ada kenaikan ketinggian dari genangan.

Kami juga sudah antisipasi kepada masyarakat yang aktivitas nya terhambat karena ada genangan air yang skrng 40 cm ada 367 rumah yang terendam, tentunya upaya upaya antisipasi sudah dilakukan dari BPBD kabupaten atau pun Polres dan TNI. Berikut peralatannya seandainya nanti curah hujan terus mengguyur kemudian ada ketinggian genangan air lagi, yang harus dilakukan evakuasi dan kita sudah menyiapkan perahu karet, dan termasuk para relawan juga kami sudah siapkan, dari mulai masyarakat, Polri dan unsur lainnya.”Ujarnya.

Kapolres menambahkan Ini perlu ada perhatian dari pemerintah daerah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat karena masyarakat perlu diberikan pemahaman ada beberapa kejanggalan untuk normalisasi ini, agar tidak menjadi langganan tiap tahun seperti ini.”Katanya.

Sementara di tempat yang sama Nur Aedin mengatakan Desa Tanjungsari, kecamatan Sukaresik kita sudah mengupayakan pada tahun kemarin saya sama pak Gubernur bahkan pak Wagub meninjau kesini dan solusinya adalah melakukan normalisasi Cintanduy dan Cihanjuang.

Yang pertama pengerukan kurang lebih 15-20 meter kemudian pelebaran sungai Citanduy yang berikutnya adalah sodetan pertemuan antara sungai Cihanjuang dan Sekitar Citanduy dan itu sudah kita upayakan alat berat sudah kita datangkan kesini sampai 4 hari menunggu tetapi mungkin ada miskomunikasi dengan masyarakat sehingga proyek itu terkendala akhirnya kami mengambil kesimpulan dipulangkan kembali.”Katanya.

Lanjut Aedin, walau demikian barangkali pemerintah tidak akan pernah putus untuk tetap memberikan solusi kepada masyarakat dan apa yang disampaikan oleh pak Kapolres juga, bahwa mudah-mudahan masyarakat mengerti betul karena ini untuk kepentingan masyarakat.

” Disini sekali lagi ini bukan proyek strategi Nasional seperti Lewikeris jadi tidak ada ganti rugi dan dipakai bantaran sungai juga menurut undang-undang adalah milik pemerintah.”Tegasnya.

Ia menambahkan kita akan kembali mengusulkan walaupun mungkin ini terkendala agak lama sebab ini sudah dua kali, kemarin ketika saya menjadi Plt sudah datang kesini sudah mau di eksekusi ternyata kembali gagal.
Mungkin kembali ada miskomunikasi, kurang pengertian atau kurang penjelasan dari pemerintah khususnya pemerintah desa.

karena kita juga sebelum nya sudah kordinasi dengan pihak Kecamatan, dan desa yang lebih dekat agar masyarakat mengerti yang pertama bantaran sungai itu adalah milik pemerintah dan BBWS,”ujarnya.

Kami akan terus stanby berhubung kita sudah disiapkan jaraknya kurang lebih 2 kilo dari sini tempat di kantor kecamatan Sukaresik, termasuk perahu dan yang sebagainya jadi kita cepat apabila yang terjadi skalanya yang tinggi air, kalau melihat ini sudah mulai menurun kalau sekarang tidak hujan mungkin akan surut.”Pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19, LMK Kel.Pademangan Bagikan Gratis 1000 Hand Sanitizer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here