Puncak Bogor Longsor Lumpuhkan Jalur Puncak Bogor – Cianjur

0

Reporter: Arip Rahman

BOGOR. FOKUSPRIANGAN.ID – Akses Puncak Bogor – Cianjur lumpuh total. Pasalnya, bencana tanah longsor kembali menerjang Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat pada Minggu (10/1/2021) sekitar pukul 23.30 WIB. Berdasarkan informasi yang diperoleh menyebutkan, longsor terjadi di Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua diantara tikungan Riung Gunung, pada Senin (11/1/21) dini hari. Menyebabkan jalur Puncak Bogor – Cianjur terputus.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)┬áKabupaten Bogor, M Adam Hamdani mengatakan bahwa bencana longsor itu terjadi tepatnya di Desa Tugu Selatan, Cisarua atau di antara jalur tikungan Riung Gunung. “Longsornya di Bedengseng, Riung Gunung, jadi di perkebunan teh gitu sih. Antara Riung Gunung dan Masjid Atta’awun,” kata Adam kepada wartawan, Senin (11/1/2021).
Adam menjelaskan, longsoran tersebut berasal dari sumber mata air atau drainase yang sehari-hari sering digunakan oleh warga.

Adam menduga bahwa saluran air tersebut tersumbat sehingga air meluap dan membuat longsoran tanah di jalur tebing yang ada di kawasan Puncak. Dia mengatakan, kondisi cuaca saat itu sedang cerah dan tidak terjadi hujan seperti biasanya. “Memang tidak terlalu tinggi tebingnya, cuma informasi sementara dari anggota di lokasi, memang di atas itu ada selokan terus mungkin juga ada sumber air karena warga suka ambil air di situ. Nah, ada yang tersumbat kayaknya akhirnya meluaplah lari mencari jalur sendiri. Ya akhirnya membuat longsoran. Kejadian itu (longsor) pas enggak hujan,” ungkap Adam.

Menurutnya, hal itu yang kemudian menyebabkan jalur Puncak mengalami gangguan serius sehingga ditutup sementara, tidak dapat dilalui kendaraan yang mengarah ke atas Puncak Pass atau Cianjur. Adam menyebut bahwa dalam kejadian longsor yang menutupi jalan sepanjang 20 meter itu, tidak memakan korban jiwa maupun dampak kerugian ke warung yang ada di sekitar lokasi.

Dapat dipastikan, kata Adam, bahwa seluruh perjalanan pada jalur Puncak ditutup dari dua arah, baik dari arah Bogor ke Cianjur maupun sebaliknya.
“Yang tertutup (longsor) itu sekitar 20 meter. Tidak ada korban, tidak ada juga kendaraan yang kena, warung juga nggak ada yang kena. Tapi kendaraan nggak bisa lewat sampai saat ini, masih tutup. Kapan selesai, nggak tahu karena ini sedang diupayakan secepatnya,” imbuh dia. Adam memastikan bahwa sejumlah pihak tengah melakukan penanganan dengan menggunakan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Serta dilakukan penyemprotan oleh truk high pressure dari BPBD melibatkan 10 personel yang saat ini sedang berada di lokasi kejadian. “Jadi saat ini pergeseran tanah (semprot) longsoran itu dibuang ke sisi jalan sebelahnya dulu. Terus nanti diupayakan buat jalur air baru di atas agar tidak ada longsor susulan,” tandasnya.

Kasatlantas Polres┬áCianjur, AKP Meilawaty ketika dikomfirmasi mengatakan jalur menuju Puncak-Bogor ditutup sejak dini hari hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan, sehingga kendaraan dengan tujuan Bogor diarahkan ke Jalur Jonggol dan Sukabumi. “Selama penanganan longsor di Kawasan Gunung Mas masih dilakukan, untuk sementara Jalur menuju Puncak-Cipanas-Bogor, mulai dari Tugu Lampu Gentur, tertutup dari kendaraan dengan tujuan Bogor, hanya kendaraan warga sekitar yang dapat melintas,” katanya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  PKK Desa Buniara Salurkan Paket Sembako Hasil Sumbangan Warga Kepada Panti Jompo dan Anak Yatim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here