Pengerjaan Pembangunan Sanimas Citarum Harum Ditiga Belas Desa di Cianjur Telah Rampung

0

Reporter : Andri.S

KAB.CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Fasilitator Provinsi Program Sanitasi Masyarakat ( Sanimas ) Citarum Harum, Rio Arista Hidayat, ST Melalui sambungan Whatsap, Kamis, ( 24/12/20 ), mengatakan, bahwa pengerjaan program yang menggunakan Anggaran Pendapatan Negara melaui Balai Permukiman Prasarana Daerah Wilayah 1 Jawa Barat kini telah rampung.

” Iya, kini pengerjaan program Sanitasi Masyarakat (Sanimas) atau orang biasa menyebutnya, Ipal Komunal, kini telah Rampung dan sudah beroprasi atau sudah di gunakan.” Katanya.

Sambungnya. ” Di Cianjur sendiri ada tiga belas Desa yang mendapatkan program tersebut, yaitu Desa Sukamulya, Desa Cinangsi, Desa Cijagang, Desa Sukagalih, Desa Sindanglaka, Desa Sukajadi, Kelurahan Sayang, Desa Mekarwangi, Desa Haurwangi, Desa Kertasari, Desa Ramasari, Desa Sindangjaya dan Desa Jati, masing masing desa tersebut mendapatkan anggaran senilai 500 juta dengan masa pengerjaan empat bulan, ” Papar Fasilitator Provinsi Program Sanimas Citarum Harum, Rio Arista Hidayat, ST.

Dengan rampungnya pengerjaan pembangunan Sanimas Citarum Harum, Rio berharap, Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) bersama penerima manfaat menjaga keberlanjutan program dengan mengutamakan kepada pola hidup sehat serta menjaga infrakstruktur dengan pemeliharaan sesuai standar operasional.

” Dengan telah selesainya pembangunan Sanimas ini saya berharap, agar kpp bersama penerima manfaat menjaga keberlanjutan program dengan penguatan kepada pola hidup bersih dan sehat, salah satunya adalah menjaga infrastruktur berbasis masyarakat dengan melaksankan pemeliharaan sesuai standar dan operasional yang telah di tetapkan bersama dan aktif membayar iuran sesuai kesepakatan bersama dengan pemanfaat karena dengan kegiatan Sanitasi berbasis masyarakat adalah upaya yang dilakukan untuk menjamin terwujudnya kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan sebagai upaya mewujudkan pembudayaan hidup bersih dengan harapan akan menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat, ” Harap Rio.

Informasi : Komponen dalam Pembangunan Pengolahan Limbah Domestik Sanitasi Masyarakat ( Sanimas ) terdiri dari Unit Pengolahan Limbah, bak kontrol, Jaringan Perpipaan yang terhubung ke rumah rumah penerima manfaat.

Dari tiga belas Desa tersebut, rata rata penerima manfaat Sanimas 100 KK.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Muskot IPSI Periode 2021 - 2025 Dimulai, Rufaji: Kalo Ada Protes Itu Hal Wajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here