Pemerintah Kecamatan Cineam Laksanakan Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa

0

Reporter: Ade Joe

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Undang undang Nomor 06.Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) menyebutkan bahwa desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya di sebut desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul dan atau hak tradisional yang di akui dan dihormati dalam sistem pemerintahan negara kesatuan Republik Indonesia.

Mengacu kepada UU Desa itu, pemerintah kecamatan Cineam kab Tasikmalaya, selama tiga hari menyelenggarakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa Sekecamatan Cineam dari hari Senin, Selasa dan Rabu (21-22-23) yang bertempat di aula kantor desa Rajadatu kec Cineam.

Kegiatan itu di ikuti oleh perangkat desa se kecamatan Cineam, para kepala desa, sekretaris desa, kasi pelayanan, kasi pemerintahan, Kasi kesejahteraan, kaur perencanaan, kaur umum, tata usaha kepala wilayah, serta operator semua peserta dari sepuluh/10 Desa yang ada di kecamatan Cineam.

Kasi Oemerintahan, Kec Cineam Abdul Azis Riswandi S.Kep, menyampaikan, pelatihan kita buka dari mulai senin tanggal 21-12-20 20, sampai hari Rabu, kegiatan ini untuk peningkatan kapasitas aparatur desa, dan para peserta kita bagi menjadi tiga bagian di antaranya hari pertama dikuti oleh Sekdes dari 10 desa, Kaur se banyak 30 peserta dan staf desa sebanyak 8 peserta, serta dihari kedua diikuti oleh 10 kepala desa, kasi pelayanan 30 peserta dan di terakhir semua kepala wilayah sebanyak 52 orang perwakilan dari 10 desa diwilayah kecamatan Cineam kab tasikmalaya.

“Kita menghadirkan narasumber / pemateri, seperti Kabbag Pemdes.Pak Zainal Furkon. PLT Kabbag Hukum.Pak Nugroho, Tenaga ahli kabupaten
Ke arsipan, Sekcam, Kasi Pemerintahan, Ketua Apdesi Kec Cineam, Ketua PPDI kec Cineam serta Kasubbag aset dan keuangan desa. Pak Aten.

Lanjut Azis, nantinya kita akan melaksanakan ujian tertulis akhir tahun 2020 sebagai Refresh bahwa kita telah melewati pekerjaan kita, dari bulan Januari hingga Desember 2020, maka itu untuk lebih memantapkan kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat di pandang perlu diselenggarakan peningkatan kapasitas aparatur desa sesuai tugas pokok dan fungsi (Tufoksi), masing masing karena nanti di acara ini para Narasumber/pemateri akan memberikan materi sesuai Tufoksinya, dari itulah kepada semua para peserta, serius lah dan cermati, teliti, dalam menyimak segala materi yang disampaikan oleh Narasumber/pemateri, serta jangan terburu buru dalam mengisi menyelesaikan soal tes tertulis. Selamat bertugas semoga lancar dan sukses.”Pinta Azis.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Begini Cara Pemdes Tanjungsari Cegah Corona Tak Menyebar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here