54 Pasutri Peserta Isbat Nikah Akhirnya Nerima Buku Nikah dari Walikota Bogor

0

Reporter: Arip Rahman

BOGOR. FOKUSPRIANGAN.ID Hari ini Rabu (23/12/2020) menjadi hari yang bahagia buat 54 pasangan suami istri. Pasalnya, hari ini ke 54 pasutri peserta Itsbat Nikah mendapatkan Buku Nikah secara langsung dari Wali Kota Bogor, Bima Arya di gedung indoor GOR Padjajaran, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Rabu (23/12/2020).

Berdasarkan informasi yang diperoleh menyebutkan, penyerahan buku nikah itu merupakan serangkaian rangkaian Itsbat Nikah Massal pada bulan Agustus 2020 lalu yang diinisiasi oleh Kerukunan Warga Bogor (KWB).

Bima Arya mengatakan, program ini merupakan upaya bantuan bagi warga yang sudah sah menikahnya secara agama, namun belum tercatatkan oleh negara. Hal itu, kata Bima karena berbagai kendala. “Termasuk yang tidak memiliki biaya untuk administrasi dan lain lain. Ada tadi yang sudah 35 tahun menikah, sudah punya cucu tapi tidak tercatatkan,” ucap Bima.

Dengan pencatatan oleh negara ini, jelasnya, para pasangan ini lebih resmi. Sehingga ketika mengurus hal lain yang membutuhkan surat sah tersebut, maka bisa lebih mudah.

Karena sekarang ini, Bima mengaku semua keperluan membutuhkan kepastian dokumen. Untuk itu, apresiasi diberikan Bima kepada KWB yang ditengah masa sulit ini tetap membantu meringankan beban warga
“Jadi pasti pasangan yang sekarang memiliki buku nikah secara resmi, tentunya akan dimudahkan dalam berbagai macam urusan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Itsbat Nikah Massal, Dudi Mauludi mengatakan, Itsbat Nikah Massal ini sudah dimulai sejak bulan Agustus 2020 dengan sosialisasi kepada warga se-Kota Bogor. Pada awalnya panitia merencanakan kegiatan itsbat nikah ini dapat mengakomodir 200 pasangan yang pernikahannya belum tercatat atau terdaftar di KUA.

Namun, lanjut Dudi, dikarenakan situasi sedang pandemi dan banyak keterbatasan, hanya sekitar 103 pasangan yang mengambil formulir. Kemudian, hanya 69 pasangan yang mengembalikan formulir dan hanya 54 pasangan yang memenuhi persyaratan untuk bisa diajukan permohonan nikah itsbat ke Pengadilan Agama Bogor.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Guna Mendata Hasil Kerja Kegiatan Polsek Mangkubumi, Wakapolres Tasikmalaya Kota Gelar Kunjungan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here