Herdi: Dibutuhkan Sinergitas Untuk Mencapai Panaragan Selaras

0

Reporter: Zaenal Abidin

KAB.CIAMIS. FOKUSPRIANGAN.ID – Lima Calon Kepala Desa Panaragan Kecamatan Cikoneng bersaing pada Pilkades serentak Kabupaten Ciamis 2020.

Herdi, S. Ag., ditetapkan sebagai pemenang pada Pilkades Desa Panaragan menurut hasil rekapitulasi penghitungan suara yang diumumkan panitia wilayah setempat, Sabtu (19/12).

Herdi unggul dari keempat pesaingnya dengan torehan 1.291 suara. Menurut informasi yang fokuspriangan.id peroleh, Herdi unggul telak di 8 TPS dari total 10 TPS.

Kepada awak media, Herdi menyampaikan, dalam menjalankan program kedepan ia akan mengusung tagline Panaragan Selaras.

Herdi berujar bahwa untuk mencapai Panaragan Selaras ada beberapa bagian yang harus diurai.

“Point kesatu terkait internal pemerintahan desa, bagaimana membangun kesepahaman antar lembaga. Mulai dari LPM, BPD, Karang Taruna, MUI dan PKK,” ujar Herdi di kediamannya, Minggu (20/12).

Dalam pandangannya, kesepahaman antar lembaga tersebut dapat mewujudkan sinergitas yang pasti akan mendorong kemajuan Desa Panaragan.

“Point kedua, terkait peran kepala desa di masyarakat. Kepala desa harus bisa memastikan rutinitas masyarakat berjalan dengan baik. Untuk itu saya akan turun langsung ke masyarakat,” ungkapnya.

Kemudian, Herdi menyampaikan point ketiga terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Ia melihat banyak potensi ekonomi yang bisa digali untuk pemberdayaan ekonomi Desa Panaragan belum dikelola secara maksimal dan sangat butuh dorongan dari pemerintahan desa.

“Ini sebuah keniscayaan yang harus dilakukan. Potensinya banyak, yang sudah berjalan rutin dilakukan masyarakat ada di sektor home industry dan pertanian,” jelasnya.

Selain itu, Herdi juga berkeinginan untuk menggali potensi pariwisata yang ada di Desa Panaragan.

“Di Panaragan sudah ada empat titik potensi ekowisata,” terangnya.

Lanjut Herdi, titik ekowisata pertama adalah batu bangkong yang berlokasi di Dusun Tangkil.

“Batu bangkong ini ingin kita kombinasikan antara wisata air dengan wisata kampung sawah sekaligus agrowisata,” tambahnya.

Kemudian, ada gunung payung, konsepnya wisata alam dengan view menarik. Menurut Herdi, di gunung payung ada dua lokasi yang bisa dikunjungi, yakni wisata Baraya Gunung Payung dan Lembur Kuring Paniisan.

“Titik keempat ada di Dusun Ciloganti. Kedepannya ini bisa berkembang, asal semua elemen bisa bersinergi. Tidak menutup kemungkinan, Panaragan bisa menjadi desa wisata,” ujar Herdi.

Dengan semua potensi yang ada di Panaragan, Herdi optimis Desa Panaragan bisa menjadi desa yang lebih maju.

Untuk itu, ia mengharapkan dukungan dari semua elemen masyarakat agar ide-ide tersebut bisa direalisasikan.

“Terutama, lembaga-lembaga yang menjadi bagian dari lembaga desa. Dan tentu, lembaga-lembaga tersebut harus diisi oleh orang-orang yang punya integritas,” tutup Herdi.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Menanggapi Buku Demokrasi Pemilu dan Politik Uang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here