Di Masa Pandemi Covid-19 Petani Ikan Lele di Cogreg Parung Banting Stir ke Ikan Hias

0

Reporter : Arip Rahman

BOGOR. FOKUSPRIANGAN.ID – Berbagai macam kiat agar bisa bertahan hidup di masa pandemi covid-19 ini. Salah satunya banyak petani ikan lele yang mengganti beralih usahanya. Sebelum pandemi Covid-19 mereka berbudidaya ikan lele yang menjadi primadona waktu itu. Sekarang petani ikan lele beralih melakukan budidaya ikan hias. Pasalnya, ikan hias d masa pandemi lebih menjanjikan dari pada ikan lele. Egi salah seorang petani ikan hias ini mengaku bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Keuntungan dari penjualan bisa seminggu sekali, soalnya budidaya ikan koral yaitu untuk pakan ikan arwana.
Tidak hanya ikan koral pemuda asal Cogreg ini juga membudidayakan ikan mas koki yang bisa di panen perdua mingguan. “Kalau ikan mas koki tergantung permintaan tengkulaknya,” kata Egi saat ditemui FokusPriangan.id di kolam ikannya, di Desa Cogreg Rt 05/06 Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jumat (18/12/2020).

Menurutnya, ikan mas koki mulai dari kawinannya sampai bertelur dan menetas memakan waktu lama sekitar semingguan. “Kalau dijual perbalan isi 25 perekor nya sekitar lima ribu ribu rupiah, yang ngambil tengkulak dekat sini, pemasaran juga di pasar Parung,” ujarnya.

Dikatakan Egi, pokoknya dimasa pandemi ini ikan hias ini sangat membantu perekonomian warga. Kebetulan pakannya pun mudah ditemui yaitu kutu air.

Egi mengaku selama ini, para petani ikan hias belum mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah. ” Saya berharap agar pemerintah peduli dengan kondisi orang-orang kayak kami ini yang harus bangkit dari keterpurukan ini,” tandasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Tim Wani Bersama Paslon Bupati Tasikmalaya No Urut 4 Gelar Konferensi Pers

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here