Ada Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara di Situ Gunung Sukabumi

0

Reporter : Rusdi

SUKABNUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Surga dunia ternyata ada di Sukabumi, pasalnya Sukabumi memiliki sejumlah destinasi wisata yang menawarkan tempat wisata alam menarik dengan pemandangan yang indah bak di surga.

Salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi pada akhir pekan adalah Kawasan Wisata Situ Gunung yang berada di Kecamatan Cisaat. Kawasan wisata alam yang berada diĀ Taman Nasional Gunung Gede PangrangoĀ (TNGGP) ini menawarkan panorama hutan yang masih asri dan udara yang sejuk.

Sempat ditutup semenjak pandemi covid-19, tetapi tanggal10 Juli 2020, TNGGP secara resmi sudah membuka kembali aktivitas wisata alam dan perkemahan termasuk Situ Gunung. Berikut sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di Situ Gunung, Jumat (18/12/2020).

1. Naik jembatan gantung
Situ Gunung Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Situ Gunung diresmikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Maret 2019.

Jembatan tersebut merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Panjangnya adalah 243 meter dengan lebar 1,2 meter dan berada di ketinggian 107 meter dari dasar tanah. Selama berada di sana, kita bisa melihat pemandangan hutan asri yang dikelilingi oleh hamparan perbukitan yang megah.

Pengunjung tidak perlu khawatir jatuh karena jembatan sangat aman. Selain itu, petugas akan memasang sabuk pengaman sebagai bagian dari standar keselamatan bagi pengunjung. Jika selama berada di jembatan tiba-tiba terjadi guncangan, pengunjung dapat mengaitkan sabuk ke ram di tepi jembatan agar posisi tetap seimbang. Harga tiketnya adalah Rp 50.000 per orang.

2. Main air di Curug Sawer
Jembatan Gantung Situ Gunung menghubungkan wisatawan langsung ke Curug Sawer. Setibanya di ujung jembatan, kamu hanya perlu berjalan sekitar 1 km atau kurang lebih 30 menit. Setibanya di sana, wisatawan akan disambut oleh tebing batu yang menjulang tinggi yang salah salah satu sisinya dialiri oleh air dari Sungai Cigunung.

Derasnya aliran air membuat area tersebut disebut sebagai Curug Sawer. Ketinggiannya mencapai 35 meter.
Tidak hanya menikmati pemandangan alam dan sejuknya udara khas Sukabumi, pengunjung bisa berswafoto ria dengan latar belakang air terjun di sebuah jembatan di atas sungai. Ada juga bebatuan besar dekat air terjun yang kerap dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berfoto-foto.

3. Kemah dekat air terjun
Bagi wisatawan yang masih ingin menikmati keindahan Situ Gunung, pihak tempat wisata menyediakan lima area berkemah. Salah satunya terletak di sekitar Curug Sawer.

Untuk menuju area berkemah, kamu bisa berjalan memutar ke arah Curug Sawer. Sementara cara lain adalah memotong jalan melalui jembatan gantung. Jika ingin menjelajahi area Situ Gunung, kamu bisa coba berjalan dari gerbang masuk menuju lokasi kemah melalui jalan berbatu yang menanjak dan menurun dengan jarak sekitar 3 km.

Kendati harus melewati medan yang cukup berat, pemandangan yang ditawarkan mungkin akan membuatmu lupa akan rasa lelah tersebut.

4. Nikmati hidangan khas Sunda
Sembari menikmati pemandangan, wisatawan bisa berkunjung ke Deā€™ Balcone Resto yang memiliki pemandangan jembatan gantung. Sejumlah hidangan disajikan di sana. Beberapa di antaranya adalah ayam sambal matah, ayam bakar, roti bakar, dan berbagai pilihan hidangan khas Sunda. Ada juga kopi bagi pengunjung yang ingin mengusir rasa kantuk. Deā€™ Balcone merupakan restoran luar ruangan yang memiliki sejumlah spot Instagramable. Salah satunya adalah balkon dengan pemandangan hutan dan jembatan gantung.

5. Lihat Gunung Gede Pangrango dari danau. Selain air terjun, kawasan wisata alam ini juga memiliki DanauĀ Situ GunungĀ yang dikelilingi oleh pepohonan dan rerumputan hijau.

Airnya yang bersih serta udara di sekitarnya yang sejuk membuatnya menjadi tempat yang pas untuk piknik.
Sembari menikmati hidangan piknik yang telah disiapkan dari rumah, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan Gunung Gede Pangrango yang luar biasa.

Di sana, pengunjung juga bisa menikmati berbagai aktivitias seperti mengendarai sepeda air atau mengarungi danau menggunakan rakit. Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  KPU Kab.Cianjur Mencatat DPT Sebanyak 1.631.564 Pemilih Pada Pilkada 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here