Hasil Rapat Pleno Relapitulasi Perhitungan Suara KPU Kab. Sukabumi Paslon Nomor Urut 2 Meraih Suara Terbanyak

0

Reporter : Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara KPU Kabupaten Sukabumi, pasangan calon nomor urut 2 Marwan Hamami – Iyos Somantri meraih suara terbanyak di Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) 2020 Kabupaten Sukabumi perolehan 479.621 suara.

Suara calon bupati Marwan – Iyos terpaut jauh dengan pasangan nomor urut 1 Adjo Sardjono-Iman Adinugraha dengan raihan suara sebanyak 350.826 suara dan pasangan Abubakar Sidik-Sirojudin dengan raihan suara 221.984 suara. “Ya ini pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara ditingkat Kabupaten Sukabumi yang merupakan akumulasi total dari hasil di seluruh kecamatan di Kabupaten Sukabumi dari 47 kecamatan. Hasilnya sendiri yang pertama tentu perolehan hasil pasangan calon nomor 01 pasangan Adjo Sardjono-Iman Adinugraha sejumlah 350.826 suara kemudian pasangan nomor 2 Marwan Hamami-Iyos Sumantri sejumalh 479.621 suara kemudian pasangan nomor 03 Abubakar Sidik-Sirodjudin sejumlah 221.984,” kata Feri Gustaman, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Rabu (16/12).

Dari jumlah masing-masing calon tersebut, ucap Feri, KPU mencatat ada sebanyak 50.561 suara tidak sah. Dijelaskan Feri saat pelaksanaan rapat pleno ada sorotan soal aplikasi Sirekap soal koreksi hasil suara, namun menurutnya hal itu bisa diatasi dengan pembetulan atas rekomendasi Bawaslu. “Persoalan dibawah itu oleh Sirekap sehingga disini ada pembetulan-pembetulan atas rekomnedasi bawaslu terkait data baik itu DPT kemudian perhitungan disabilitas kemudian termasuk juga surat suara karena jumlah surat suara yang di kami putuskan ternyata dilapangan ada lebih tetapi itu tidak mempengaruhi perolehan hasil sehingga kami mengkoreksi data data sampai detail ke tingkat TPS dan itu riwayatnya sudah kami jelaskan ke Bawaslu dan kepara saksi bahwa itu ada salah input dan salah tulis dari KPPS,” jelas Feri.

Dengan selesainya rapat pleno rekapitulasi suara, tahapan selanjutnya dikatakan Feri adalah penetapan pemenang namun hal itu dengan ketentuan tanpa pemohonan perselisihan hasil pemilihan. Yakni paling lama 5 hari setelah MK secara resmi memberitahukan permohonan yang teregistrasi dalam buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) kepada KPU.
Hampir selama 12 jam, KPU Kabupaten Sukabumi melakukan rapat pleno rekapitulasi perhitungan dari tiap kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Kekerasan Terhadap Bocah Kelas 3 di SDN1 Cikoneng Salah Siapa?, Kasek Bantah Lalai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here