Antisipasi Bencana Tsunami BMKG Pasang 11 Alat Peringatan Dini Tsunami di Pesisir Pantai Kab. Sukabumi

0

Reporter : Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Antisipasi bencana tsunami, Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memasang 11 alat tsunami early warninh system (TEWS) atau alat peringatan dini tsunami yang dipasang di pesisir Kabupaten Sukabumi.

Kepala Balai Besar Wilayah II BMKG Hendro Nugroho kepada wartawan membenarkan tentang dipasangnya 11 alat TEWS tersebut. Menurutnya, 11 alat Tsunami Early Warning System (TEWS) atau alat peringatan dini tsunami yang terpasang di pesisir Kabupaten Sukabumi.

Dalam kegiatan mitigasi kepada masyarakat pesisir Palabuhanratu, BMKG meminta peralatan tersebut untuk selalu dijaga dan dipelihara oleh masyarakat. “Jadi kegiatan ini sub sistem peringatan dini tsunami karena kita memasang peringatan dini Tsunami dan ini harus di dukung masyarakat, masyarakat harus aware, harus merawat, menjaga dan memelihara,” kata Hendro kepada awak media, Kamis (17/12/2020).

Dikatakannya, kegiatan ini juga diikuti oleh petugas BPBD dan perwakilan Desa Tanggap Bencana (Destana), aparatur kelurahan dan TNI Polri itu juga membahas soal antisipasi ke depan ketika tsunami terjadi. “Pembuatan peta evakuasi, SOP Tsunami jadi lengkaplah dikaitkan dengan peringatan dini tsunami ini, di Sukabumi ada tiga lokasi yang di tempatkan alat peringatan dini tsunami salah satunya di Desa Citepus, BNPB sekitar 8 lokasi,” ucapnya.

Dia mengingatkan TEWS hanyalah sekedar alat peringatan dini kepada masyarakat. Ketika alat peringatan itu tidak sampai ke masyarakat, pihaknya mengedukasi bagaimana agar masyarakat pesisir memanfaatkan peringatan alam. “Ini merupakan suatu edukasi, peringatan dini ini sebagai alat warning kepada masyarakat, jadi kalau warning tidak sampai kemasyarakat, masyarakat bisa memanfaatkan waning alam. Kalau kita goyang merasakan getaran gempa lebih dari 15 detik itu segera lari lah menjauhi pantai. Edukasi ini harus terus di latih terus menerus kepada masyarakat.

Peringatan dini Tsunami ini hanya sekedar tool, alat peringatan masyarakat kalau gempa bumi Tsunami ini akan terjadi di wilayah sini,” terangnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Mati Suri, Enam BUMDes di Kota Banjar Direvitalisasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here