HM Yusuf : Terkait Pemajuan Kebudayaan Perlu Melibatkan Seluruh Stakeholder

0

Reporter : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Bertempat di Aula Balekota Tasikmalaya, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tasikmalaya Drs HM Yusuf mengukuhkan secara resmi Pengurus Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya masa bhakti 2020-2025, Rabu (16/12/2020).

Plt Walikota Tasikmalaya Drs HM Yusuf dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh Pengurus Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya yang telah dikukuhkan, semoga ke depannya dapat mengemban tugas dan semoga menjadi tonggak sejarah bahwa Dewan Kesenian di Kota Tasikmalaya akan membawa perubahan yang lebih baik di periode ke 2 masa kepemimpinan Sdr Bode Riswandi, M.Pd yang tentu didukung oleh segenap pengurus dan seluruh stake holder lainnya.

“Perlu diketahui bahwa konsep pengembangan kebudayaan melalui Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan nomor 5 tahun 2017 melalui objek pemajuan kebudayaan. Ini merupakan tugas kita semua agar Indek Pemajuan Kebudayaan di Kota Tasikmalaya bisa lebih maju dan berkembang . Data yang kami peroleh untuk sementara melalui Indek Pembangunan Kebudayaan (IPK) yang harus di kembangkan ada 7 dimensi yang meliputi Ekonomi Budaya, Pendidikan, Ketahanan Sosial Budaya, Warisan Budaya, Ekspresi Budaya, Budaya Literasi dan Gender,” katanya.

H Yusuf pun menambahkan, pengembangan kebudayaan tentu harus dapat mendongkrak bagaimana partisipasi dan peran serta masyarakat agar terlibat dalam kegiatan kebudayaan/ kesenian sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berperan bukan hanya sebagai penonton tetapi masyarakat memiliki inovasi baru bagaimana nilai-nilai budaya lokal sebagai tuan rumah di negeri kita.

“Untuk mewujudkan hal tersebut tentu perlu memperhatikan dan melibatkan seluruh stakeholder terkait pemajuan kebudayaan. Agar Indek Pembangunan Kebudayaan kita terus meningkat dari tahun ke tahun berikutnya,” ucapnya.

Sementara Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya terpilih Bode Riswandi, M.Pd menyampaikan hal yang paling urgent, pihaknya diminta oleh Plt Walikota Tasikmalaya paska dilantik untuk segera merumuskan bersama tim dari teman-teman kesenian tentang tim estetika untuk segera direkomendasikan ke budparda.

“Ini sangat luar biasa, setidaknya ke depan teman-teman seniman juga bisa dilibatkan dalam berbagai unsur pembangunan di Kota Tasikmalaya khususnya hal-hal yang sifatnya memerlukan pandangan dari teman-teman seniman. Usai dilantik, program jangka pendek yang akan dilaksanakan akan mengadakan rapat kerja dan koordinasi dengan seluruh pengurus untuk merancang program kerja tahun 2021 dari paparan 12 rumpun kesenian yang ada. Untuk kegiatan berikutnya kita dimana Covid-19 ini telah berakhir, festival payung internasional itu kita akan tarik untuk diadakan di Tasikmalaya,” tandasnya

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Warga Cibuyut Kawalu Dihebohkan Dengan Adanya Penemuan Mayat Di Kolam Ikan Lele

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here