Mahdi Arj: Persoalan Banjir, Kita Jadikan Persoalan Bersama Dan Jangan Saling Menyalahkan

0

Reporter : Aan.SGT

CILEGON, FOKUSPRIANGAN, ID – Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Senin (7/12/2020)

Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi (bahan atau material yang mengendap) curah hujan, pengaruh fisiografi ( Wilayah Laut ) sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang.

Mahdi Arj selaku Pemerhati Lingkungan, mengatakan kepada wartawan. Walikota Cilegon Sudah Responsif meninjau langsung wilayah yang terkena banjir dan jangan terlalu persoalan banjir dijadikan sebuah alat ketidak berhasilan pemerintah apalagi pemerintah dianggap tidak punya *Sense Of Crisis* ( Rasa Crisis ).

“Mari persoalan banjir ini kita jadikan persoalan bersama, dipelajari apa yang sebenarnya terjadi yang mengakibatkan banjir, apa gorong-gorong terlalu kecil, atau terjadi penyumbatan? Jika itu yang terjadi, bila perlu yang rawan banjir dibuatkan gorong-gorong atau aliran air yang cukup lebar dan dalam. Dan di alirkan ke laut atau ke kali,” Ucapnya Mahdi Arj.

Menurutnya (Mahdi Arj_red) Ekskutif dan Legislatif kedepan harus bersama-sama membahas titik permasalahan terkait banjir, serta untuk wilayah yang terkena banjir bila perlu prioritas anggaran untuk Tahun 2021 agar segera di tangani dengan serius.

“Dinas terkait dan unsur pimpinan di wilayahnya agar segera mencari solusi dan bisa di laporkan kepada Walikota Cilegon, supaya ditahun depan tidak terjadi banjir kembali. Dan tidak ada persoalan yang tidak bisa di selesaikan bersama-sama,” Tegasnya Mahdi Arj.

Kepedulian terhadap lingkungan, bisa diimplementasikan dengan budaya memilah dan membuang sampah pada tempatnya, tidak menebang pohon sembarangan, mengurangi limbah plastik, memperlebar gorong-gorong dan lain sebagainya.

Dalam upaya edukasi diperlukan sinergi antar instansi, baik pemerintah maupun masyarakat dengan menyusun berbagai program yang membudayakan kebersihan dan kelestarian lingkungan diwilayah yang berpotensi banjir.

Baca Juga  Dimasa Pandemi Covid 19 BAZNAS Kab.Tasikmalaya Berikan Bantuan Untuk Siswa Siswi Yang Kurang Mampu
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here