Kecamatan Sukaresik Gelar Simposium Penguatan Kapasitas Kader Posyandu

0

Reporter : Anton

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Keberadaan posyandu sangatlah berperan penting dalam pencapaian tujuan pembangunan kesehatan di masyarakat.

Beberapa kegiatan oleh kader posyandu yang melibatkan langsung partisipasi masyarakat sebagai upaya pelayanan kesehatan dari, oleh, dan untuk masyarakat, telah cukup dalam memberikan pemahaman tentang pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat.

Oleh karenanya, untuk menambah wawasan dan kemampuan para kader posyandu, Pemerintah Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat menyelenggarakan SIMPOSIUM penguatan kapasitas kader di posyandu, dalam kegiatan tersebut juga di laksanakan pelantikan Forum kader posyandu, yang mengambil tempat di aula desa Sukapancar, Sabtu (05/12/2020).

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Sukaresik, Kapolsek Sukaresik, Danramil Pagerageung, para kepala Desa Se-Kecamatan Sukaresik, Ketua TP PKK kecamatan Sukaresik, Ketua TP PKK Desa serta para kader Posyandu di masing masing desa se-Kecamatan Sukaresik.


Menurut, Opan Sopian S.Pd, M.Pd,M.SI., Camat Sukaresik ketika ditemui mengatakan acara hari ini adalah kegiatan SIMPOSIUM penguatan kader Posyandu dan sekaligus pelantikan pengurus Forum Kader Posyandu tingkat Kecamatan Sukaresik, itu yang tertuang dalam SK Menteri Dalam Negeri.” Dengan terbentuk nya forum kader posyandu agar teman teman kader itu bisa ter organisir dengan baik juga terpelihara kompetensi nya, sehingga pelayanan kader posyandu nya jadi tinggi. “Yang kedua agar mereka memiliki semangat dan motivasi untuk terus berjuang berbakti demi kepentingan kesehatan masyarakat wabil khusus anak anak balita, dan ibu hamil.”Katanya.

Lanjut Opan, selain penguatan kapasitas Kader Posyandu kita juga kembangkan Posyandu Remaja dan Posyandu Lansia. Agar secara keseluruhan anak yang baru lahir, ibu menyusui, remaja dan lansianya bisa terlayani kesehatan nya, karena kesehatan merupakan “Hak Asasi Manusia”, yang tidak bisa di tawar tawar lagi dan pemerintah semaksimal mungkin harus hadir di tengah tengah kehidupan masyarakat.”Ujarnya.

Baca Juga  Kang Haji Yanto Oce," Dirgahayu TNI Ke 75 Semoga TNI Semakin Jaya

“Berharap kepada masyarakat wabil khusus kader posyandu dengan adanya kegiatan ini bisa termotivasi dan bisa menambah kompetensi dan juga bisa lebih mencintai pengabdianya kalau mereka sudah mencintai pengabdiannya. Dia sudah tidak berpikir lagi berapa upahnya, berapa insentif nya. Tetapi harapan kita nanti akan menyampaikan kepada pengambil kebijakan dari Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan sampai Ke Pusat, agar dapat memperhatikan para kader posyandu ini yang telah nyata nyata berjuang untuk kepentingan masyarakat wabil khusus di bidang kesehatan Ibu dan anak.

Dalam kegiatan sesuai dengan edaran bupati bahwa kehadiran tidak di hitung jumlahnya tapi bagaimana protokol kesehatan dilaksanakan jadi mereka semua di pastikan pakai masker, di pastikan suhu tubuh nya di bawah 36 derajat, dan dipastikan juga dia pakai handsanitaizer tapi mudah mudahan ini tidak terjadi apapun wabil khusus di kecamatan sukaresik ini sebaran covidnya masih relatip terkendali . Pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here