Fokus Kab Pangandaran Pariwisata

Bosan Dengan Pantai, Santirah River Tubing Bisa Jadi Alterntif Liburan di Pangandaran

Reporter : Zaenal Abidin

PANGANDARAN. FOKUSPRIANGAN.ID – Pangandaran tidak hanya terkenal dengan objek wisata pantainya saja. Banyak objek wisata alam yang bisa dikunjungi sebagai alternatif liburan di pangandaran.

Salah satu wisata alam yang bisa Anda coba saat berlibur di pangandaran adalah Santirah River Tubing di Desa Selasari Kecamatan Parigi Pangandaran.

Wisata alam ini tergolong baru, karena baru diperkenalkan oleh anak-anak muda karang taruna Desa Selasari pada pertengahan tahun 2014.

Berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke lokasi.

Yang menarik dari Santirah River Tubing adalah, Anda akan diajak mengarungi aliran sungai santirah mulai dari arus yang sedang hingga deras secara berkelompok.

Meskipun tiap orang mendapatkan fasilitas tubing personal, Anda akan meluncur bersama saling terkait satu sama lain. Membentuk jalur panjang ikatan dari tiap tubing.

Perlengkapan pengamanan mulai dari ban, jaket pelampung, helm, hingga pelindung kaki sudah disediakan oleh pengelola.

Anda pun akan didampingi oleh pemandu profesional yang akan menjaga keselamatan Anda saat mengarungi aliran sungai santirah.

Melewati aliran jernih sungai santirah selebar 1,5 meter yang diapit tebing-tebing menjulang tinggi.

Anda akan dibuat takjub oleh keindahan alam sungai santirah selama kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh sepanjang 1,5 kilometer.

Adrenalin Anda akan terpacu saat melawati liarnya terjangan jeram batu munding, jeram leuwi panjang dan jeram sindang melang.

Tidak sampai disitu, petualangan Anda akan berlanjut saat menembus lorong-lorong gua yang gelap. River Cave Tubing akan melewati Gua gendang, gua panjang santirah, gua lengkop dan gua cukang taneuh.

Di beberapa titik yang arusnya tidak begitu deras, Anda bisa cooling down sejenak sambil menikmati sensasi body rafting.

Anda akan diminta untuk melepaskan ban, kemudian berenang dengan santai mengarungi aliran sungai dengan kedalaman bervariasi, mulai dari 8 cm hingga 10 cm.

Pengalaman Anda akan tambah berkesan saat dimanjakan oleh pemandangan air terjun atau curug yang mengalir diantara tebing-tebing curam sungai santirah.

Di titik start Anda akan langsung disambut oleh curug tirai. Selanjutnya ada curug munding, curug kembar, curug mini dan curug tiga yang siap memanjakan perjalanan anda saat eksplorasi sungai santirah.

Bagi Anda pecinta selfie, sindang melang bisa jadi spot yang bagus untuk berswafoto. Mengabadikan momen liburan Anda bersama teman atau keluarga.

Ada yang unik juga di sindang melang. Konon, mata air di sindang melang kalau diminum bisa bikin awet muda, Lho!

Setelah puas mengeksplorasi keindahan serta memacu adrenalin di aliran sungai santirah. Anda dipersilahkan untuk mandi kemudian makan dengan sajian nasi liwet komplit yang dijamin menggoyang lidah.

Secara umum, saat mengarungi sungai santirah, Anda tidak hanya mendapat petualangan baru dari atas tubing dengan melintasi jeram dan riam sungai saja.

Anda juga akan menikmati keunikan pesona alam yang dimiliki oleh sungai santirah. Sehingga membawa Anda pada liburan yang memacu adrenalin serta sajian indahnya alam secara bersamaan.

Untuk itu, Santirah River Tubing sangat layak dijadikan alternatif liburan Anda di pangandaran, jika bosan dengan suasana pantai.

Santirah River Tubing mulai buka pukul 07.30 sampai pukul 16.00 dari Senin-Minggu. Ada lima paket yang ditawarkan bagi Anda yang ingin menikmati wisata air ini.

Mulai dari Santirah Bronze, Silver, Gold, Platinum, Diamond. Dengan rincian sebagai berikut:
Paket Santirah Bronze IDR 80.000
Paket Santirah Silver IDR 100.000
Paket Santirah Gold IDR 110.000
Paket Santirah Platinum IDR 150.000
Paket Santirah Diamond IDR 200.000

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
1
Baca Juga  Zakat PNS Kabupaten Pangandaran Belum Maksimal
error: Content is protected !!