Kegiatan Pengabdian Masyarakat Berupa Prolanis Hipertensi Digelar Civitas Akademika Fikes Umtas

0

Reporter : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Dengan terus meningkatnya kasus hipertensi atau yang dikenal dengan tekanan darah tinggi di Indonesia, yang mana hipertensi ini dapat menyebabkan kematian secara mendadak.

Mendapati hal tersebut, bertempat di Aula Puskesmas Tamansari, Civitas Akademika Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (FIkes UMTAS) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Dosen Fikes Umtas Aida Sri Rachmawati, M.Kep menyampaikan kegiatan pengabdian masyarakat ini diadakan dua hari, Senin (30/11) dan hari Rabu (02/12) kemarin.

“Ini adalah kegiatan inisiasi civitas akademika UMTAS, Dosen Program Studi D III Keperawatan bersama dengan mahasiswa Fikes. Kegiatan yang kami gelar sebagai bentuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan sebagai upaya dalam membantu mitra dalam hal ini Puskesmas Tamansari dalam implementasi Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Dengan harapan ilmu yang didapat oleh para Mahasiswa dapat berdayaguna bagi masyarakat,” katanya.

Kami pada kesempatan ini selain memberikan edukasi tentang penyakit kronis hipertensi, kami pun mengadakan pemeriksaan tekanan darah dan senam hipertensi.

“Hipertensi selain dikontrol dengan pengobatan terapi farmakologis, juga ditunjang dengan intervensi gaya hidup dengan cara memperbaiki faktor perilaku dan kebiasaan hidup dengan cara penghentian merokok , pengendalian berat badan, mengurangi stres mental, pembatasan konsumsi garam dan alkohol serta meningkatkan aktifitas fisik,” ucapnya.

Sementara, Tenaga Medis yang bertugas di Puskesmas Tamansari dr Ida Ayu Ria dan dr H Mohammad Ali Syaban mengungkapkan hipertensi merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbesar, yang prinsip pengobatannya selalu mulai dengan dosis rendah dan dinaikan bertahap sampai mencapai target srart low go slow.

“Dengan adanya kegiatan yang diadakan pengabdian masyarakat dari Fikes Umtas di tempat kami, tentu merasa senang. Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan secara berkesinambungan dan terpelihara, secara bersama-sama memberikan yang terbaik untuk masyarakat dalam menciptakan masyarakat yang sehat optimal,” harapnya.

Baca Juga  BLT Karyawan Baru Cair Sebagian
Bagaimana tanggapan anda ?
+1
3
+1
+1
+1
+1
+1
+1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here