Pemdes Pasirbatang Kec.Manonjaya Kembangkan Budidaya Jenis Ikan Nila Dengan Sistem Bioflok

0

Reporter : Ade Joe

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintahan Desa Pasir batang Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya melahirkan Inovasi baru, mencoba mengadopsi teknologi Bioflok menjadi salah satu Alternatif yang Inovatif dalam membudi dayakan jenis ikan nila. Hal tersebut sebuah terobosan baru untuk mencari sumber lain bagaimana caranya meningkatkan produktivitas masyarakat sehingga cita cita meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa terwujud.

Hal tersebut di utarakan Kepala Desa Pasirbatang Yudi Saparila.” Dengan budi daya ikan nila dengan Bioflok ini bisa jadi Primadona pilihnya. Karena budidaya dengan sistem Bioflok, yang pertama dalam penggunaan pakan lebih efektif, kedua produktivitas tinggi, ketiga hemat air dan ramah lingkungan,”ucap Yudi Rabu (02/12/20) di ruang kerjanya.

Lanjut Yudi, kenapa jenis ikan nila yang kami pilih untuk di budidayakan, karena jenis ikan ini mempunyai daya toleransi yang tinggi terhadap perubahan lingkungan.” Teknologi Bioflok ini kami kembangkan di desa kami karena simple dalam penerapannya dan sangat mudah untuk di ikuti pembudidaya nya, untuk teknologi Bioflok ini bisa menghemat waktu dalam budidaya, jika dengan keramba itu bisa sampai 6 bulan, baru layak panen, sementara kalau dengan sistem Bioflok cukup 3 sampai 4 bulan sudah dapat dipanen dengan besaran ikan 4 ekor per kilo gram nya,”katanya.

“Teknologi Bioflok yang sekarang ini sedang berjalan, dengan menggunakan wadah dari bak terpal dengan diameter 4 meter dan dapat tanam ikan sebanyak 1.200.ekor, untuk saat ini baru tiga bak dan rencananya adalah 40 bak atau wadah yang akan kita siapkan.” Proses pengerjaan Bioflok didesa kami telah berlangsung sejak minggu lalu, dengan kehadiran Bioflok didesa Pasirbatang ini diharapkan akan menjadi sumber penghasilan bagi warga masyarakat, sehingga nantinya dapat menambah inkam/penghasilan lebih,botomatis akan mendongkrak roda perekonomian masyarakat terangkat sejahtera,”pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  KPU Kota Banjar Salurkan Bantuan Logistik Untuk Korban Longsor Sumedang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here