Kelurahan Kahuripan Laksanakan Pembinaan LPM Tahun Anggaran 2020

0

Reporter: Mulyana

KOTA TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Pengertian Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah Lembaga atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintah Kelurahan maupun desa, dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan.

Dari itulah Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, melaksanakan Revitalisasi/pembinaan bagi para pengurus LPM tingkat kelurahan Kahuripan tahun anggaran 2020, yang bertempat di salahsatu rumah makan di bilangan Jl.Bkr Kota Tasikmalaya Senin (30/11/20).

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Kec.Tawang, Lurah Kahuripan berserta staf, Babinsa, Bhabinkantibmas, serta diikuti oleh ketua LPM beserta pengurus, dan para Ketua Rw.

Lurah Kahuripan Asep Rusliadi, mengatakan, penguatan terhadap LPM akan meningkatkan kepekaan terhadap kebutuhan masyarakat dalam pembangunan. LPM turut merencanakan dan mengusulkan yang dibutuhkan tersebut melalui kelurahan.

“Pembinaan LPM sebagai mitra pemerintah untuk menuju ke arah perbaikan secara bertahap dan berencana guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ucap Lurah Asep.

Menurut Asep, dalam iklim demokratis ini masyarakat menginginkan kepuasan atas pelayanan instansi pemerintah. Melalui LPM sebagai mitra pemerintah kepuasan pelayanan itu lebih mudah diwujudkan.

Asep, menambahkan dalam pemberdayaan yang paling pokok ditumbuhkan adalah budaya modern, kerja keras dan bertanggung jawab.

“LPM selaku mitra pemerintah di kelurahan menjadi penggerak swadaya masyarakat, untuk itu pembinaan dan koordinasi dengan pemerintah kota harus terus dilaksanakan secara simultan,”pungkasnya.

Sementara Camat Tawang Deni Kurniawan, menyampaikan, poin pentingnya disini adalah dengan kehadiran LPM itu bertujuan untuk peningkatan partisipasi dari masyarakat itu sendiri. Dalam hal ini untuk berpartisipasi dan melihat bagaimana pembangunan serta pemberdayaan di Kelurahan.

Lanjut Deni, menyampaikan tujuan diadakannya atau dibentuk Lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) di kelurahan antara lain ialah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara didalam wadah negara Kesatuan Republik Indonesia bedasarkan pancasila dan UUD 1945, Meningkatkan Partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pembangunan, Meningkatnya kemampuan masyarakat sebagai sumber daya manusia, meningkatnya ekonomi kerakyatan dalam upaya pengentesan kemiskinan.

Sambung Deni, “tugas dan fungsi dari LPM itu sendiri yang berdasarkan regulasi yaitu permendagri No.5 Tahun 2007 adalah menyusun rencana pembangunan yang partisipatif, menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, melaksanakan dan mengendalikan keamanan Kelurahan.

Tambah Deni, Peran dan fungsi LPM sebagai lembaga mitra Kelurahan untuk meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan secara partisipatif. Karena pada hakikatnya LPM membantu Lurah dalam pelaksanaan urusan pembangunan, sosial kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. Ujar Deni.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Pj Sekda Subang Serahkan Piagam Penghargaan Kepada Pendonor Darah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here