Bencana Pergeseran Tanah Landa Desa Banjarsari

0

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Hujan besar yang mengguyur wilayah Sukabumi Selatan mengakibatkan bencana pergeseranĀ tanah di Desa Banjarsari, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi yang terjadi, Minggu (29/11) sekitar pukul 14.30 wib, di Kampung Buniwangi II RT 14 RW 03.

Informasi yang diperoleh, saat itu hujan mengguyur kawasan Desa Banjarsari dan sekitarnya. Warga Kampung dikejutkan dengan suara tanah runtuh yang terdengar hingga puluhan meter. Ternyata jalan desa yang mengarah ke jembatan ambruk dan tanah di sekelilingnya juga hancur lebur seperti terkena tembakan mortir. Akibat pergeseran tanah tersebut, jalan desa amblas dan rusak berat sepanjang 30 meter. Jalan yang lebarnya 3 meter itu tidak dapat dilalui kendaraan bermotor.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Cidadap, Husni Mubarok kepda wartawan, Senin (30/11/2020) membenarkan terjadi bencana pergeseran tanah yang merusak fasilitas umum. ā€œBencana itu merusak saluran air dan membuat ambruk fondasi jembatan. Saluran air rusak total dan harus diperbaiki dari nol,ā€ kata Husni.

Diungkapkannya, kalau posisi jembatan juga terancam rubuh karena fondasinya tergerus oleh pergerakan tanah di sekitarnya. “Jembatan tersebut merupakan penghubung ke wilayah Desa Sinarbentang, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

Selain itu, ucap Husni, 5 rumah dalam posisi terancam runtuh karena berada di jalur retakan tanah yang mengalami pergeseran. Sistem pengairan ke areal sawah lumpuh total sehingga tidak dapat mengalirkan air yang sangat dibutuhkan petani terutama pada musim kemarau. Bangunan lain yang terdampak adalah tugu batas desa. ā€œKami masih terus melakukan pendataan kerusakan infrastruktur akibat pergeseran tanah ini,ā€ ujar Husni.
Dirinya mengaku menerima laporan pergeseran tanah di Kampung Buniwangi II dari Ketua KNPI dan Kepala Desa Banjarsari Pak Tajudin.2 Hunsi juga mengatakan, kerugian akibat pergeseran tanah tersebut kira-kira Rp150 juta.

Menurutnya untuk memperbaiki jalan, saluran air, dan fondasi jembatan yang rusak dibutuhkan material berupa bronjong 250 buah, batu pecah 100 kubik, pipa peralon 6 inc 10 batang, dan semen 50 zak. “Kami harap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaaan dalam menghadapi ancaman bencana di musim hujan,” tandasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Polres Subang Gelar Apel Pemeriksaan Kendaraan Dinas Sat Lantas Polres Subang Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Adha 1441 H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here