Sebanyak Tiga Orang Balon Perangkat Desa Calingcing Ikuti Ujian Tertulis, Wawancara Dan Praktek Komputer

0

Reporter : Anton

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Sebanyak 3 orang bakal calon (balon) perangkat Desa Calingcing, Kecamatan Sukahening, mengikuti ujian tertulis, wawancara dan praktek komputer, bertempat di aula kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (27/11/20)..

Menurut Yayan Supriyadi Sekmat Sukahening, mengatakan, berdasarkan kebutuhan aparat desa sesuai dengan Perda No. 2 tahun 2017 tentang desa, dan peraturan Bupati Tasikmalaya No. 128 tahun 2019 tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. Terutama pengangkatan dan kekosongan yang pertama kepala desa harus berkordinasi kepada Camat bahwa di desa nya ada kekosongan dengan catatan kekosongan nya tersebut mengundurkan diri atau pensiun,” Ia juga menjelaskan, kalau sudah umur 60 tahun tidak bisa lagi menjadi perangkat desa.” Ucap Yayan.

Masih menurut Yayan setelah hasil kordinasi perangkat desa dengan Camat, dan atas nama kepala desa menginventarisir kekosongan ternyata ada 1 kekosongan disana setelah berjalan hasil konsultasi baru kepala desa melangkah dengan Camat untuk menginventarisir berapa kebutuhan yang akan diumumkan. Ternyata khusus Desa Calingcing hanya 1 sudah ada keputusan itu kepala desa baru bisa melangkah, melangkah nya dengan catatan sesuai dengan peraturan Bupati Tasikmalaya No.128.

“Peraturan Bupati berbunyi bahwa kepala desa harus membentuk tim panitia desa minimal dari perangkat yang ada seperti sekretaris desa ( Sekdes ), kami ditingkat kecamatan hanya memfasilitasi dan mengawasi kegiatan-kegiatan penjaringan saat ini, untuk pelaksanaan di tahap akhir ini, untuk penjaringan tes tulis, wawancara, dan praktek komputer.”Terangnya.

Di tambahkan Yayan nantinya dari 3 orang yang mengikuti test ini diambil 1 orang dengan nilai yang paling tinggi diantara 3 orang, mudah mudahan untuk desa Calingcing hari ini bisa terpenuhi untuk perangkat desa yang ditetapkan oleh keputusan kepala desa dan direkomendasikan ke Bupati melalui camat sesuai dengan aturan, dan tahapannya yang sudah dilakukan dengan aturan yang ada.”Ujarnya.

Sementara Dadi Suryadi ketua panitia seleksi pemerintah Desa Calingcing, mengatakan hari ini kami melaksanakan penjaringan untuk perangkat desa Calingcing bidang kepala wilayah kampung Rawa dalam tahapan akhir. Untuk tahapan akhir ini kami melaksanakan test tertulis, wawancara dan mengopersionalkan komputer dan sekaligus penetapan 1 orang yang akan terpilih sebagai perangkat desa Calingcing dengan hasil nilai tertinggi dalam penjaringan hari ini.”Katanya.

Lanjut Dadi Perangkat Desa / kepala wilayah Rawa sebelumnya mengundurkan diri. untuk proses mekanisme dari awal penjaringan calon aparat desa, tahapanya yaitu musyawarah untuk penentuan selama satu minggu, penjaringan satu minggu, penungumpulan persyaratan dan sudah diseleksi di tambah 1 minggu, untuk selanjutnya untuk perpanjangan untuk kelengkapan persyaratan pada bulan Oktober 2020, Alhamdulillah tahapan tahapan bisa berjalan dengan lancar.”Pungkasnya.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Warga Desa Sukasenang Sumringah Terima Sertifikat Tanah Dari Program PTSL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here