Pemkab Ciamis Ikuti Rapat Persiapan Pilkades Tahap Dua Secara Virtual

0

Reporter : Hendra

KAB.CIAMIS, FOKUSPRIANGAN.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Dr. H. Tatang, menghadiri rapat persiapan Pilkades serentak terkait peraturan Permendagri tahap dua yang bertempat di ruangan Vidcon sekda Ciamis. (26/11/2020).

Rapat tersebut membahas Permendagri no 79 tahun 2020 tentang perubahan kedua, Permendagri 112 thn 2014 tentang Pilkades, yang di pimpin oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa.

Ditjen Bina Pemerintahan Desa, Nata Irwan, mengungkapkan beberapa poin yang termuat di dalam Permendagri tersebut, ada dua point

“Pertama pemerintah desa dalam melaksanakan tahapan pemilihan kepala desa perlu melakukan protokol kesehatan untuk mencegah wabah penyebaran covid 19 yang membahayakan masarakat, serta yang kedua bahwa peraturan Permendagri nmor 112 thn 2014 tentang pemilihan kepala desa sebagian mana yang telah di ubah dengan peraturan Permendagri nomor 65 tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan Mendagri nomor 112 thn 2014 tentang pemilihan kepala desa perlu di sesuai kan dengan kondisi dinamika sosiologis akibat benca non alam yang pandemi covid-19 , Dan perlu di ukur untuk pembiayaan Pilkades serentak,” Ungkap Nata.

Pemilihan kepala desa, panitia, pemilihan, pendukung dan unsur yang lain yang melanggar protokol kesehatan (44E) di antara nya berupa teguran lisan dan tertulis .

“Untuk teguran tertulis itu di berikan oleh Bupati /walikota bisa kepada calon kepala desa berdasarkan rekomendasi dari panitia pemilihan tingkat kabupaten atas laporan dari panitia tingkat kecamatan, Ada pun sanksi diskualifikasi kepada calon kepala desa oleh Bupati /wali kota berdasarkan rekomendasi dari panitia tingkat kabupaten atau tingkat kecamatan dan sarua tugas kesehatan,” Pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh sekda kabupaten Ciamis, asisten pemerintahan OPD terkait dan unsur Forkopimda.
Editor: A.SGT

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  H Muhammad Yusuf : Penghulu Dalam Melaksanaksn Tugas Harus Profesional, Jujur dan Transparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here