Fokus Kab Tasik Sosial

BPD Desa Sukapancar Laksanakan Pembentukan Panitia Pilkades

Reporter : Anton

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Jabatan Kepala Desa Sukapancar akan segera habis pada bulan April 2021, oleh karena itu Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sukapancar melaksanakan kegiatan musyawarah pembentukan panitia pemilihan Kepala Desa Sukapancar, kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, bertempat di aula Desa Sukapancar, Minggu (22/11/2020).

Acara tersebut turut di hadiri kepala desa Sukapancar, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD beserta anggotanya, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, LPM, serta RT dan RW.

Amar Ma’ruf, S.Ip, Ketua BPD Desa Sukapancar, ketika ditemui mengatakan, kami hari ini melaksanakan musyawarah pembentukan panitia pilkades yang mana itu sebuah keharusan sebagai mana perintah permendageri No. 65 Tahun 2017, termasuk juga perda No. 37 Tahun 2017 pasal 10, menegaskan bahwa panitia Pilkades dibentuk oleh BPD dan otomatis panitia itu bertanggung jawab kepada BPD, kemudian 6 bulan sebelum habis masa jabatan kepala desa harus sudah memberikan surat pemberitahuan kepada kepala desa terkait dengan habisnya masa jabatan itu,”ucapnya.

Lanjut Amar, setelah itu ada ketentuan yang di haruskan bahwa sebelum 10 hari setelah memberikan surat tersebut maka BPD harus sudah membentuk panitia Pilkades itu sendiri.”Katanya.

Masih dikatakan Amar, Alhamdulillah kami mencoba untuk dilakukan secara demokratis tidak ada tekanan tidak ada kepentingan apapun BPD sepenuhnya dipersilahkan kepada forum atau kepada peserta rapat siapa yang dipandang layak untuk menjadi seorang ketua atau Panitia pada pemilihan pilkades periode Tahun 2021-2027 mendatang.

“Sebagai mana disaksikan bersama bahwa seperti itulah kami dengan teknis seperti itu dipastikan semua puas, karena mereka sendiri yang mengajukan calon jadi semua peserta hadir dipersilahkan untuk menulis salah satu nama yang dianggap layak untuk dipilih menjadi seorang ketua dalam pemilihan kepala desa. Dan dengan jumlah peserta yang hadir 56 orang diantaranya, BPD, LPM, RT dan RW, Muspika Kecamatan Sukaresik, tokoh masyarakat, tokoh ulama. Alhamdulillah telah disaksikan bersama yang terpilih sebagai ketua yakni Drs. Usep Darukutni, Wakil, Drs. Yusuf Setiadi, Sekretaris, Mayah Mulkiyah, dan Bendahara, H. Uju Juanda. Para panitia Pilkades yang terpilih langsung di sah kan oleh BPD, dan diharapkan akan membuat proses perjalanan kepanitiaan tersebut menjadi kondusif atau lancar tanpa ekses.”Ujarnya.

Sementara Drs. Usep Darukutni, Ketua Panitia Pilkades Desa Sukapacar terpilih, menambahkan sesuai dengan amanat undang-undang No. 6 tahun 2014, bahwa pemilihan kepala desa dan saya di amanati sebagai ketua akan semaksimal mungkin untuk melaksanakan pilkades ini secara demokrasi jujur dan adil, juga sukses tanpa ekses,”katanya.

Lanjut Usep, kami akan langsung buatkan seksi seksi nya yang komponennya tentu dari masing masing yang diwakili oleh masyarakat dari kepunduhan yang ada di wilayah desa Sukapancar, harapannya pilkades tahun 2021 mendatang mudah- mudahan bisa sukses tanpa ekses.”Pungkasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter