Fokus Kota Banjar Sosial

Bank Sampah Ubah Sampah Jadi Barang Bernilai Ekonomis

Reporter : Zaenal Abidin

KOTA BANJAR.FOKUSPRIANGAN.ID – Bank sampah Karya Muda Mandiri mengajak masyarakat mengumpulkan sampah dan peduli kebersihan lingkungan.

Berada di lingkungan Tanjungsukur RT 04 RW 17 Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman Kota Banjar, bank sampah ini diinisiasi oleh Karang Taruna Karya Muda Mandiri.

Berawal dari keresahan masyarakat karena sampah yang menumpuk di lingkungan, pada bulan September 2020 bank sampah KMM didirikan.

Hendi Suryadi, Ketua Karang Taruna KMM, manjadikan program ini sebagai program unggulan Karang Taruna KMM pada bidang kebersihan dan lingkungan hidup.

“Saat ini sudah ada sekitar 50 an nasabah di bank sampah KMM. Karena ini program rintisan, kita bertahap, sambil terus menyoliasisasikan program ini,” jelasnya, Minggu (22/11/2020).

Pada pelaksanaannya, sampah rumah tangga yang sudah dikumpulkan oleh masyarakat akan diambil oleh para anggota Karang Taruna setiap dua minggu sekali.

“Sampah yang sudah dipilah akan ditimbang dan dihargai sejumlah uang,” kata Hendi.

Setidaknya ada 50 lebih jenis sampah yang bisa disetorkan dan bernilai ekonomis.

Diantaranya adalah botol bekas air mineral, kaleng bekas, bekas botol oli dan banyak jenis lainnya.

“Setelah sampah kita ambil dari masyarakat, kita kumpulkan di tempat penampungan. Kemudian kita pilah selanjutnya dijual ke pengepul,” lanjut Hendi.

Sistem bank sampah sejatinya berdampak positif pada lingkungan, kata Hendi, tak hanya memberikan nilai ekonomis, namun budaya bersih akan melekat di masyarakat.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter