Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Dalam Rangka Mengantisipasi Bencana Pemerintah Kecamatan Sukaresik Laksanakan Apel Siaga Bencana

Reporter : Anton

KAB.TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya menggelar apel siaga bencana guna mengantisipasi penanganan dampak bencana di wilayah Kecamatan Sukaresik yang bertempat di aula Desa Tanjungsari, Sabtu (21/11/20).

Apel ini dipimpin langsung Camat Sukaresik Opan Sopian ,S.Pd, M.Pd,M.Si, melibatkan Danramil, Kapolsek, Kepala Desa, serta Relawan Tanggap Bencana.

Dalam kesempatan itu turut di hadiri Camat Sukaresik, Kapolsek Sukaresik , Danramil 1206/Pga, Kepala Desa Tanjungsari, serta Gugus tugas kecamatan Sukaresik, Relawan tanggap bencana Desa Tanjungsari.

Opan Sopian ,S.Pd ,M.Pd,M.Si, Camat Sukaresik, ketika ditemui mengatakan, hari ini kita dari pihak Muspika kecamatan Sukaresik, dan lintas sektor wabil khusus dari Kapolsek Sukaresik dan Danramil 1206 / Pga serta Pemerintah Desa Tanjungsari dan tim gugus tugas, melaksanakan rapat koordinasi apel siaga tanggap bencana, karena hal tersebut sangat di pandang perlu dalam ha menghadapi bencana tahunan wabil khusus bencana banjir di Desa Tanjungsari,”ucapnya.

Dalam kegiatan ini kita juga melakukan peragaan bagaimana menolong atau melakukan evakuasi bagi para korban banjir untuk ditempatkan pada posisi yang lebih aman. Dan mudah – mudahan ketika ada banjir di wilayah kecamatan Sukaresik, masyarakat sudah tanggap dan sudah tangguh,”katanya.

Sementara IPTU Asep Saefullah S.H, Kapolsek Sukaresik, Kami dari pihak kepolisian bersinergi ke tiga pilar yang berada di muspika kecamatan Sukaresik. Dan menindak lanjuti perintah dari pusat melalui Gubernur, Kapolda, Pangdam, menginstruksikan supaya kita melaksanakan kegiatan apel kesiap siagaan tanggap bencana dalam menghadapi musim penghujan di bulan November dan Desember. Karena kita di wilayah kecamatan Sukaresik ini sudah berlangganan identiknya daerah yang biasa terkena dampak bencana alam yaitu banjir yang biasa di 4 wilayah desa yang terkena banjir.”Katanya.

Lanjut Kapolsek, kegiatan ini dalam rangka untuk memberikan pemahaman kepada tim relawan yang sudah dibentuk di desa Tanjungsari, manakala ada terjadi bencana kita sudah tidak tergagap lagi, apa yang mungkin harus kita kerjakan seperti evakuasi dan membuat dapur umum. Segala sesuatu nya sudah kita siapkan bahkan tadi juga pa camat menyampaikan kita sudah melaksanakan simulasi cara penanganan menolong korban atau pun evakuasi masyarakat yang kena musibah terdampak banjir itu tujuan dari Apel kesiap Siagaan bencana untuk tingkat kecamatan Sukaresik.”ujarnya.

Ditempat yang sama, kepala Desa Tanjungsari Amas mengatakan Muspika Kecamatan Sukaresik yang begitu tanggap sebelum musim hujan tiba, Alhamdulillah sudah memberikan pemaparan pemaparan kepada desa kami, yaitu kepada Relawan Destana yang sudah siap dikala nanti adanya bencana banjir tiba.”ucap Amas.

Lanjut Amas, saya sebagai pemerintah Desa Tanjungsari mengucapkan terimakasih kepada unsur muspika yang mana telah peduli terhadap masyarakat kami, dan peduli kepada relawan untuk memberikan pemahaman pemahaman tentang tanggap bencana,”katanya.

Pelda Agus Riadi yang mewakili Danramil 1206/ Pga , menambahkan kami dari Koramil 1206 / Pga pihak kami sudah menyiapkan sesuai prosedur sebagai tugas kami adalah Omemsebe Operasi militer sebelum perang membantu pemerintah Daerah dalam hal penanggulangan bencana.

Dari anggota kami untuk tingkat Kecamatan Sukaresik, Danramil memerintahkan dan memantau wilayah apabila terjadi bencana banjir dan kami siap membantu melaksanakan tugasnya.Dengan harapan kita tetap bersinergi nantinya setiap ada kejadian kita bersama sama untuk membantu dan menolong wilayah yang terkena bencana banjir.”Pungkasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter