Fokus Kab Tasik Sosial

Kapolres Tasikmalaya Kota Laksanakan Kunker di Polsek Sukaresik

Reporter: Anton

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – AKBP Doni Hermawan SH, SIK, M.Si. Kapolres Tasikmalaya Kota melaksanakan kujungan kerja (Kungker ), dalam rangka pengecekan kesiapan pelaksanaan Pilkada 2020 dan Bhakti Sosial di wilayah hukum polsek Sukaresik, bertempat di Mako Polsek Sukaresik, Kamis (18/11/20).

Turut di hadir dalam acara tersebut Opan Sopian,S.Pd,M.Pd,M.Si. Camat Sukaresik, Danramil Pagerageung Kapten. Inf. Heri Sapari, Kepala Puskesmas Kec. Sukaresik Asep Hermawan,SKM, Ketua DMI Ustadz Asep Wawan, Ketua Panwascam Amar Ma’ruf,S.Pd, Para Kepala Desa, Perwakilan Da’i Kamtibmas dan Ustadz Asep Arifin.

IPTU Asep Saefullah S.H, Kapolsek Sukaresik dalam sambutannya menyampaikan untuk wilayah kecamatan Sukaresik, terbagi dalam 8 desa, kesatuan Polri Polsek satu 14 personel untuk polsek Sukaresik, kesatuan TNI Koramil satu berada di wilayah Pagerageung membawahi dua kecamatan untuk Koramil. Untuk persiapan timeling Pilkada Tasikmalaya serentak 2020 dalam pemilihan bupati dan wakil bupati tahapan awal penyerahan daftar penduduk potensial dari tanggal 23 Januari sampai 23 Maret, untuk pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih dari tanggal 15 Juni sampai 6 Desember, serta pengumuman pendaftaran paslon 8 agustus sampai 3 septber, pendaftaran paslon 4-sampai 6 September 2020 verifikasi persyaratan 4 sampai 20 September, penetapan pasangan calon 23 September, pengundian dan pengumuman no urut Paslon 24 Septber dan tahapan inti Pilkada dari kampanye 26 September sampai dengan 5 Desember, masa tenang 6 s/d 8 Des, pemungutan suara 9 Des, pelaksanaan serentak, untuk rekapitulasi 9 – 26 Des, penetapan calon terpilih.” Terangnya.

Masih menurut Kapolsek lima hari setelah mahkamah konstitusi melaksanakan rapat pleno, pengangkatan calon terpilih 3 hari setelah penghitungan suara data pasangan ada 4 Paslon pasangan no urut Azis yang di usung partai Gerindra dan Demokrat, No urut 2 H. Ade Sugianto dan Cecep Nurul Yakin
diusung PDIP dan PPP indipendent, no urut 3, Cep Zamzam Zulfikar Nur dan H Fadil, no urut 4 Iwan Saputra dan IIP diusung PKB, Golkar , PKS , PAN dan Nasdem.

Untuk kerawanan dalam pilkada yaitu ketika akakuratan pendataan DPT dan DPS , keterlambatan pendistribusian logistik dari KPU kab ke PPK, maupun PPK ke PPS , sabotase selama pendistribusian, sabotase penyimpangan penyimpanan logistik, pelanggaran calon bupati dan wakil bupati maupun tim sukses, selama masa kampanye, alat peraga yang belum di bersihkan, intimidasi calon pemilih, sabotase TPS, intimidasi terhadap petugas TPS , unjuk rasa pendukung calon yang tidak puas, perkelahian antar pendukung calon.

Sementara desa Tanjungsari karena rawan banjir karena nya penyelenggara sudah menyiapkan TPS cadangan sehingga pilkada tidak terganggu, untuk pengamanan Polsek Sukaresik mengadakan operasi kepolisian mandiri kewilayahan dengan sangsi mantapraja 2020 di dukung TNI dan instansi terkait dan mitra Kamtibmas dalam rangka pengamanan Pilkada.

Jumlah TPS di desa cipondok 14 TPS, dpt 4595, Sukamenak 11 TPS dpt 3685 Sukaratu 11 TPS , Banjarsari 8 TPS, Tanjungsari 9 TPS, Margamulya 10 TPS sarana dan prasarana tersedia kendaraan roda empat dan roda dua. Untuk penanganan covid 29 kec Sukaresik bekerjasama dengan unsur muspika dengan seluruh stake holder mengadakan operasi yustisi untuk melakukan pencegahan penyebaran virus covid bagi kami bukan 3M lagi tapi 3 W, wajib masker, wajib cuci tangan dan wajib jaga jarak. dan kita berkoordinasi juga dengan PPK, panwascam dalam mengedukasi masyarakat mencegah penyebaran covid, ada 12 hal gunakan masker, jaga jarak mencuci tangan, memeriksa suhu tubuh, menggunakan sarung tangan, pelindung wajah, tidak boleh lebih dari 500 per TPS, kopps wajib memakai APD dan pemilih diatur, disemprot tidak bersalaman, tinta tetes bukan tinta celup infektan. Ungkap IPTU Asep Saefullah S.H, Kapolsek Sukaresik.

Sementara Opan Sopian,S.Pd,M.Pd,M.Si. Camat Sukaresik, dalam sambutannya mengatakan Pemerintah kecamatan Sukaresik dan seluruh jajarannya baik Kapolsek, Danramil dengan aparat desa pada saat nya nanti bisa melaksanakan dengan aman lancar dan tertib dan sukses.

Lanjut Opan tentang covid 19 kita dapat berkoordinasi dengan kuat , dan erat dengam forum komunikasi pimpinan tingkat kecamatan baik dengan Kapolsek, danramil, kepala Desa dan tokoh masyarakat, Alhamdulillah kec Sukaresik masih zona hijau walaupun berkabung karena kabupaten Tasikmalaya, dengan beberapa kluster yang terbentuk saat ini masuk zona merah, kota pun dulu pernah zona merah namun sekarang sudah pada posisi normal. Kami atas nama Kecamatan Sukaresik terima kasih atas kehadiran Kapolres Tasikmalaya Kota mudah-mudahan kehadiran nya menjadi barokah bagi seluruh masyarakat juga menjadi barokah kesehatan bagi Kapolres dan jajarannya serta kemaslahatan bapak dengan jajarannya. Karena saya baru satu tahun menjadi camat di Sukaresik dan sudah bersilaturahim dengan Empat Kapolsek mudah-mudahan ini tidak ada halang melintang mau empat lima atau selamanya yang terpenting situasi dan kondisi di Kecamatan Sukaresik tetep kondusif, dan terimakasih komandan dari Kapolres dengan jajarannya berkat keprofesionalan kapolsek Babinsa bhabinkamtibmas kami memiliki rekan kerja dari 8 desa hari ini tidak ada gangguan, pembangunan tetap berjalan, tetap berjalan BLT tetap digulirkan hak masyarakat sampai hari ini tidak ada yang berteriak tidak kebagian Alhamdulillah. Dengan adanya bantuan dari desa dengan berbagai hal di tambah dengan bantuan dan kehadiran Kapolres menambah motivasi bagi kami dan masyarakat mudah mudahan kebaikan Kapolres di balas oleh .Alloh SWT.”Ujarnya.

Semantara itu, Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan ,SH,S.I.K,M.Si dalam sambutannya merasa yakin situasi Kamtibmas diwilayah hukum Polsek Sukaresik terjaga dengan indikasi jumlah tindak kriminalitas yang rendah.

“Aman bukan karena kebetulan tapi upaya unsur muspika. Situasi aman adalah kunci keberlangsungan kegiatan masyarakat. Keberadaan polisi harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Niat kan yang tulus, bekerja agar menjadi ibadah. Kedekatan polisi dengan tokoh agama, instansi harus terjaga,” harapnya.

Masih menurut AKBP Doni, Herawanan Pilkada bukan hanya konflik vertikal horizontal, tapi ancaman alam. Pasalnya, Kota Tasikmalaya 527 positif covid dan kab Tasikmalayam sudah zona merah dengan adanya cluster. Lantaran itu, Jabar kenaikan 20% pasca libur panjang dan interaksi dari luar, vaksin covid mulai Januari secara bertahap.

“Patuhi prokes kegiatan masyarakat yang sifatnya mengumpulkan orang banyak, harus dikaji atau evaluasi, bukan melarang giat tapi memastikan giat berjalan sesuai prokes agar tidak sampai menjadi cluster baru,” pungkasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter