Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Pemdes Sukapancar Laksanakan Penguatan Kapasitas Perangkat Desa Serta Para Rt Dan Rw

Reporter : Anton

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Desa Sukapancar, Kecamatan Sukaresik, Kab.Tasikmalaya, melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas perangkat Desa, Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) sekaligus melaksanakan musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM desa) sebagai satu-satunya dokumen perencanaan di desa, yang mengambil tempat di aula Desa Sukapancar, Kamis (19/11/20).

Dalam acara turut di hadiri Camat Sukaresik, Danramil 1206/Pga, Kepala Desa, Ketua BPD beserta anggotanya, Perangkat Desa, Kasi Pemerintahan Kecamatan Sukaresik, Pendamping lokal Desa, Tokoh agama, tokoh masyarakat, serta para RT dan RW.

Agus Gunawan Kepala Desa Sukapancar ketika ditemui mengatakan, pelaksanaan kegiatan hari ada dua agenda yang pertama kegiatan penguatan kapasitas perangkat Desa, Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) dan yang kedua musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2021, yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa).”Ucapnya.

“Ia juga meminta kepada para RT dan RW untuk lebih di tingkatkan lagi dalam tatanan kerja dalam rangka mengayomi masyarakat agar masyarakat agar betul betul bisa terayomi,” katanya.

Lanjut Agus, Kegiatan tersebut biasa nya di laksanakan pertiga bulan sekali, sekaligus pemberian uang operasional RT dan RW. Berharap kepada semua RT dan RW agar lebih fokus dalam pekerjaan khususnya dalam mengayomi masyarakat supaya masyarakat betul betul tersentuh,”ujarnya.

Agus manambahkan, dalam musyawarah RKPDes Tahun 2021 ini, yaitu merencanakan kegiatan yang tertunda di tahun 2020 akibat adanya pademi covid 19, dan dalam pelaksanaan kegiatan yang di rencanakan dalam musyawarah RKPDes tahun 2021 ini yaitu lebih ke insfratruktur.”ungkapnya.

Sementara Danramil 1206/Pageurageung, Kapten (Inf) Heri Safari, menyampaikan, agar menghimbau untuk menginstal ulang mungkin lupa tetap melaksanakan protokoler kesehatan yaitu, Memakai Masker, Mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) dalam rangka memutus mata rantai covid 19, dari itulah para ketua RT dan ketua RW agar nanti nya bisa menyampaikan kembali ke warga nya untuk tetap melaksanakan 3M.”Katanya.

“Ia juga menyampaikan berharap dengan adanya musyarawah RKPDes, rencana pembangunan tingkat desa ini, akan lebih menjadi desa yang lebih baik dan sukses.”Ujarnya.

Di tempat yang sama Aam Hamzah Kasi Pemerintahan Kecamatan menambahkan, bahwa RKPDes itu merupakan penyampaian dari RPJMDes tentang 6 tahun dan ini adalah sisa kegiatan terakhir yang belum dilaksanakan oleh kepala desa dan kebetulan di Desa Sukapancar ini periode terakhir kepala desa nya,”katanya.

Mudah mudahan apa yang menjadi visi dan misi kepala desa kemarin bisa terealisasi untuk ke manfaatan di masyarakat Desa Sukapancar.”Katanya.

Lanjut Aam, yang kedua saya sampaikan bahwa di tahun 2020 ini ada pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya, kebetulan saya juga ada di bagian PPK sekaligus mensosialisasikan di tanggal 9 Desember saya menghimbau kepada masyarakat yang hadir saat ini agar datang pada waktunya dan di lain sisi juga di kecamatan Sukaresik ada dua desa yang akan melakukan hajat dari 73 desa di kabupaten Tasikmalaya, yakni Desa Sukapancar dan Desa Sukaratu.

Rencana di kabupaten Tasikmalaya akan dilaksanakan Pilkades sekitar bulan Maret tahun 2021. Dengan harapan melalui pesta demokrasi yang ada di desa, mudah mudahan terpilihlah kepala desa yang amanah serta punya komitmen yang baik pada desa Sukapancar khususnya. Dan tak lupa menghimbau patuhi protokol kesehatan karena kondisi saat ini di kabupaten Tasikmalaya bukan nya menurun secara Nasional, tetapi Alhamdulillah di wilayah Desa Sukapancar tidak ada kasus tetapi harus tetep melaksanakan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak (3M).”Pungkasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter