FOKUS SUKABUMI Sosial

Angin Puting Beliung Ngamuk di 4 Kampung di Cikidang

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Hujan deras dan hempasan angin puting beliaung menghempaskan rumah dan kandang ayam milik warga, pohon-pohon dan tiang listrik bertumbangan, Senin (16/11/2020) sekitar pukul 16.30 sore.
Menurut informasi yang diperoleh, amukan angin puting beliung terjadi di empat kampung tiga ke RW an yang berada di wilayah Desa Pangkalan, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

Kepala Desa Pangkalan Usep Saepulrohman membenarkan musibah yang menimpa warganya. Usep mengharapakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk turun secepatnya. “Memang kami berharap pemerintah untuk cepat tanggap dalam membantu warga kami,” kata Usep kepada wartawan, Selasa (17/11/2020).

Pihaknya bersama Muspika Kecamatan Cikidang memfokuskan untuk membersihkan puing-puing pohon tumbang yang menimpah tiang listrik. Hingga menimpah Sekolah Desar Negeri 1 Cikidang dan menutup akses jalan utama Cikidang – Palabuhan ratu. “Iya kita bersama unsur Muspika Kecamatan Cikidang bersama warga dan kelembagaan desa untuk memfokuskan pembersihan material pohon tumbang yang menimpah jalan, tiang listrik yang roboh menimpah Sekolah Dasar Negeri 1 Cikidang dan selanjutnya mendata ke kampung yang terdampak bencana,” ujarnya.

Usep menjelaskan bahwa sampai hari ini ada 24 rumah rusak ringan dan 23 lokal kandang ayam rusak parah, 1 lokal kelas dan 1 warung milik warga mengalami rusak parah. Sampai hari ini sesuai pendataan tidak ada korban jiwa. “Sesuai cek lokasi hari ini bahwa kejadian bencana tersebut tidak ada korban jiwa. Namun sejumlah warga yang rumahnya rusak tertimpah pohon masih mengungsi dirumah keluarganya,” ujarnya.

Plt Sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani mengataka, hingga saat ini pihaknya masih melakukan assesment di lokasi kejadian. Namun data sementara, dampak bencana angin puting beliung tersebut merusak kandang ayam, satu ruang kelas SD serta rumah warga.
“Petugas masih melakukan assesment dan berkoordinasi dengan Muspika Cikidang, nanti kami informasikan kembali,” tandasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter