FOKUS SUKABUMI Sosial

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Minta Polisi Usut Kasus Penganiayaan Petani di Jampang Tengah

Reporter: Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Penganiayaan terhadap petani penggarap lahan eks-HGU (Hak Guna Usaha) perkebunan di Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, di sikapi oleh anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi. Badri menyayangkan kejadian tersebut dan meminta polisi agar segera mengusut kasus tersebut.

Dia mengecam oknum pelaku penganiayaan terhadap Sukarna (45), petani sekaligus Ketua RT di Kampung Nangela RT 04/08 Desa Jampang Tengah, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. “Saya sangat menyayangkan dan sangat prihatin atas kejadian itu. Saya mengecam kepada pelaku penganiyaan terhadap petani,” ujar Badri kepada wartawan, kemarin.

Dirinya berharap kepada pihak yang berwajib dalam hal ini pihak kepolisian untuk segera mengusut tuntas dan menangkap pelaku penganiayaan terhadap petani di Jampang Tengah.
Dengan adanya kejadian tersebut, Badri mengimbau kepada masyarakat dan Serikat Petani Indonesia (SPI) agar tidak terpancing dan tidak melakukan tindakan di luar aturan hukum yang berlaku. “Kita serahkan kepada pihak yang berwajib untuk mengusut pelakunya dan diberi hukuman yang setimpal dengan atas apa yang telah diperbuatnya,” kata Badri.

Badri juga meminta Pemerintah Kabupaten Sukabumi, dalam hal ini dinas terkait, agar segera melakukan langkah yang diperlukan dalam menyikapi peristiwa tersebut. “Kami di jajaran dewan akan segera menyikapi atas tanah HGU itu. Kita akan lihat perizinannya masih berlaku atau tidak, kalau sudah habis maka kita lihat mereka ada upaya untuk memperpanjang atau tidak,” jelasnya.

Badri mengatakan pihaknya akan melihat juga di tanah HGU tersebut sudah sesuai tidak dengan perizinan yang dimiliki, seperti tanaman yang ditanam. “Kewajiban pemilik HGU untuk memberi perhatian kepada warga sekitarnya sudah dilakukan atau belum,” tandasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter