Fokus Kota Banjar Pemerintahan Sosial

Desa Mekarharja Mewakili Kota Banjar Dalam Lomba LBS Dan Posyandu Tingkat Provinsi

Reporter: Zaenal Abidin

KOTA BANJAR, FOKUSPRIANGAN.ID – Recheking Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan dan Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 dilaksanakan di aula Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Rabu (11/11/20).

Desa Mekarharja yang terpilih menjadi perwakilan Kota Banjar pada perlombaan tahun ini masuk dalam dua kategori lomba. Desa Mekarharja bersaing pada kategori Posyandu dan Lingkungan Bersih Sehat (LBS) tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2020.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, penilaian tahun ini dilakukan oleh tim penilai dari Provinsi secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid- 19.

Penilaian diawali dengan pemaparan terkait indikator lingkungan bersih dan sehat dari tim PKK Desa Mekarharja. Mereka memaparkan capaian-capaian yang sudah diraih dari sebelas indikator lingkungan bersih dan sehat.

Kemudian dilanjutkan dengan memaparkan inovasi-inovasi dari tim PKK Desa Mekarharja. My Darling menjadi program inovasi unggulan tim PKK Desa Mekarharja.

My Darling merupakan akronim dari Masyarakat Sadar Lingkungan, My Darling memiliki empat kegiatan penunjang yang menjadi pilar utama.

Keempat kegiatan itu antara lain, YUMINGSIH atau Hayu Minggu Beberesih, menurut tim PKK Desa Mekarharja, melalui kegiatan ini masyarakat Mekarharja mulai terbiasa untuk selalu menjaga lingkungan tetap bersih. Indikator keberhasilannya adalah masyarakat Mekarharja sudah mulai meninggalkan kebiasaan membuang sampah sembarangan. Selain itu, kegiatan ini juga menumbuhkan budaya gotong royong.

Kegiatan kedua adalah SUCI SUKMA atau selalu cuci tangan sebelum masuk rumah. Inovasi ini terbukti efektif, menurut data tim PKK Mekarharja, tahun 2019 cakupan cuci tangan masyarakat Mekarharja sebesar 77%, setelah program ini digalakan pada 2020 data tersebut naik signifikan mencapai 95%.

Selanjutnya ada SICOMA JAMANIS yaitu siaga Corona bersama warga Mekarharja berderma dan humanis. Tim menjelaskan bahwa kegiatan ini dibentuk sebagai langkah untuk menggerakan warga agar aktif berpartisipasi dalam pencegahan virua Corona dan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengetuk sisi humanisme warga dengan cara berderma, ketika ada warga yang sedang membutuhkan pertolongan.

Kegiatan inovasi unggulan yang terakhir adalah SARAH SEHAN atau sarana indah selfie di persawahan.

Sementara itu, Kepada Desa Mekarharja, Drs. H. Saefuloh, mengatakan, pihaknya optimis bisa memenangkan perlombaan ini dan mengharumkan Kota Banjar. Menurutnya, semua program yang disampaikan oleh tim PKK sudah berjalan dengan baik dan mempunyai progres yang bagus.

“Urusan menang atau kalah bukan masalah. Kita sudah berusaha maksimal, dan yang paling penting adalah komitmen dalam menjalankan program-program tadi,” ucapnya, saat ditemui selepas kegiatan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua TP- PKK Kota Banjar, Camat Purwaharja, Kasi Kesling Dinkes Kota Banjar dan tamu undangan lainnya.

About the author

redaksi

Add Comment

Click here to post a comment