Fokus Kota Tasik Pemerintahan Sosial

Upaya Penurunan AKI dan AKB, Dinkes Kota Tasikmalaya Gelar Konvergensi Kesehatan Ibu dan Bayi

Reporter : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya bertempat di ruangan pertemuan salah satu hotel di bilangan Jalan KHZ Mustopa Kota Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Konvergensi Lintas Sektor Untuk Penyusunan Regulasi AKI-AKN Kota Tasikmalaya, Rabu (11/11/2020).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan Hasannudin, M.Si dan dihadiri pula oleh Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat, Asisten Daerah 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra H Abu Mansyur, Kepala UPTD Puskesmas, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Perwakilan dari Kodim, serta tamu undangan lainnya.


Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan Hasannudin,M.Si menjelaskan bahwa kegiatan ini tentunya terkait dengan amanat UUD 1945 sebagaimana yang diamanatkan pada pasal 28H ayat 1 yang pada intinya bahwa setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan, ini juga terkait dengan Undang-undang no 23 tahun 1992 tentang kesehatan bahwa pembangunan kesehatan merupakan upaya untuk memenuhi salah satu hak dasar rakyat yaitu hak untuk memperoleh kesehatan.

“Kondisi kesehatan sendiri disebutkan disana bahwa kesehatan adalah kunci sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang dimiliki setiap orang untuk produktif secara ekonomis, sehingga pengertian kesehatan itu bahwa tidak hanya kesehatan fisik saja, tetapi juga sehat badan, jiwa dan sosial. Ini merupakan tugas kita semua untuk melaksanakan amanat tersebut sehingga menjadikan masyarakat mendapatkan haknya untuk mendapatkan pelayanan kesehatannya agar mereka mendapatkan kondisi sehat,” papar H Ivan.

Kemudian dalam pembangunan kesehatan tersebut juga disebutkan bahwa ibu dan anak itu berhak mendapatkan perhatian dan bantuan khusus, salah satu indikatornya adalah terkait dengan pencapaian penurunan angka kematian ibu (AKI) yang merupakan salah satu prioritas Nasional dalam penentuan IPM angka kematian ibu dan bayi di Indonesia,” tambahnya.

“Sehubungan dengan meningkatnya jumlah kesakitan dan kematian ibu dan bayi di Kota Tasikmalaya tahun 2020, maka digelarlah kegiatan ini dalam upaya peningkatan pemberdayaan masyarakat dan penguatan lintas program sektor dan lintas OPD,” ucapnya.
Albayan Cafe coffee

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter