Fokus Kab Tasik Pemerintahan Pendidikan Sosial

Tingkatkan Kapasitas Anggota Linmas, 27 Anggota Satlinmas Desa Kadipaten Ikuti Pelatihan

Reporter : Anton

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam rangka meningkatkan kapasitas anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), Danposramil 1204/ Ciawi, Kapolsek kadipaten, Kasitrantib kecamatan kadipaten, Babinsa dan Babin, memberikan pelatihan dengan materi penguatan dan peningkatan kapasitas tenaga keamanan dan ketertiban desa. Pelatihan yang diikuti sebanyak 27 orang, yang dilaksanakan di aula kantor Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (11/11/20).

Cecep Agah Nagoya Kepala Desa Kadipaten menjelaskan pembinaan tersebut sangat dibutuhkan untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada Linmas. “Peran Linmas sangatlah penting karena memiliki peran sangat strategis, terlebih dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pilkada serentak 2020. Dan berharap dalam pembinaan ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk belajar dan berlatih.” Katanya.

Sementara Peltu Dani Solihin Danposramil Koramil 1204/Ciawi mengatakan kami Muspika sangat memberikan Apresiasi positif kepada penyelenggara yang sudah melaksanakan program pembinaan, dan terlihat para peserta sangat antusias dan semangat melaksanakan latihan.

Karena kegiatan ini adalah tupoksi Satlinmas seperti yang tertuang dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 antara lain membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, dan membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.” Ucapnya.

Lanjut Dani Solihin dengan harapan Linmas kedepan lebih memahami Tupoksi, Linmas adalah garda terdepan terwujudnya Kamtibmas di tingkat desa, Linmas mempunyai kebanggaan, dan untuk mendukung hal diatas agar didukung oleh semua pihak yang terkait dari mulai dari unsur Kades, perangkat wilayah, RW, RT dan pemahaman masyarakat secara bertahap. Juga diharapkan kegiatan pembinaan tidak berhenti hanya sampai disini pelatihan saja, melainkan di aplikasikan dilapangan dan Kades bisa merencanakan untuk kegiatan lanjutan. Dan dengan adanya pelatihan saat ini mudah mudahan menjadi pelopor untuk Desa lain di wilayah Kecamatan Kadipaten, karena baru 2 Desa yang melaksanakan pelatihan ini di antaranya Desa Cibahayu dan Desa Kadipaten,”pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut
Unsur Muspika, Kapolsek, Camat diwakili Kasi Trantib, kepala desa kadipaten, Tripides, BPD, para Punduh, dan pendamping Desa.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter