FOKUS SUKABUMI Sosial

Diguyur Hujan Terus Menerus Irigasi Tertimbun Longsor di Kabandungan

Reporter : Rusdi/Guntur

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Hujan yang mengguyur terus-menerus dengan insensitas tinggi di wilayah Sukabumi, membuahkan bencana alam longsor di Kampung Pasir Menir RT 03/07 Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi. Tagana Kecamatan Kabandungan Nurdin Shopian mengatakan, bencana longsor tersebut terjadi pada Rabu (11/11/2020) sekira pukul 00.50 WIB. “Ya benar, bahwa telah terjadi bencana alam longsor di wilayah Kampung Pasir Menir, Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan hari Rabu dini hari tadi,” kata Nurdin Shopian, Rabu (11/11/2020).

Nurdin menjelaskan, kronologi longsor tersebut diakibatkan oleh hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Sukabumi. Walhasil, terjadiah longsor pada irigasi sawah dengan lebar 20 meter dan tinggi 50 meter. “Longsor tersebut menimpa sawah warga sekitar di Desa Tugubandung,” ujar Nurdin.

Nurdin menyebutkani ada empat warga pemilik sawah yang terdampak longsor tersebut. Diantaranya adalah Ujang dengan luas sawah 3000 meter persegi, Ojat dengan luas sawah 1.000 meter persegi, Dayat dengan luas kebun 1.000 meter persegi serta jalan lingkungan penghubung dusun Pasir Menir – Kaladi. “Langkah penanganan yang dilakukan kami dari pihak Tagana Kecamatan Kabandungan, bersama FKLD, P2BK, SARDA dan Pemdes Cihamerang yang terkait dalam kejadian bencana dan Pihak Kecamatan melakukan assesment ke lokasi kejadian,” jelasnya.

Pada proses penanganan ucapnya, melibatkan juga unsur-unsur dari Babinsa, Babinkamtibmas, Satpol PP dan warga sekitar. “Sementara untuk kerugian masih dalam perkirakan. Yang pasti untuk kerusakan rumah dan kerugian materi masih dalam kajian tim,” tandas Nurdin.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter