Fokus Kota Banjar Sosial

Tim Polda Jabar Tinjau Pos Kamling di Desa Langensari

Reporter: Zaenal Abidin

KOTA BANJAR, FOKUSPRIANGAN.ID – Desa Langensari terpilih sebagai peserta perwakilan Kota Banjar pada perlombaan Pos Kamling yang dilaksanakan oleh Polda Jabar. Kota Banjar menjadi kota pertama yang dikunjungi oleh tim penilai.

Penilaian dilakukan langsung oleh tim penilai dari Polda Jabar yang dipimpin oleh AKBP Lilies Mulyani, MH., bertempat di Pos Kamling lingkungan RT 03 RW 03 Dusun Sukahurip Desa Langensari Kecamatan Langensari Kota Banjar, Senin (9/11/2020).

AKBP Lilies Mulyani, MH., dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan lomba ini merupakan rangkaian acara peringatan HUT Bhayangkara. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memupuk rasa tanggung jawab sosial dalam hal Pam Swakarsa, dimana masyarakat dilibatkan secara aktif dalam menjaga keamanan lingkungannya.

“Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya dari Polda Jabar untuk tetap menghidupkan siskamling,” kata Lilies.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Lilies Mulyani sempat memuji pos kamling di lingkungan RT 03, yang menurutnya sangat bersih, terawat dan layak dijadikan percontohan untuk pos kamling lainnya.

Lilies menambahkan, ada beberapa kriteria yang akan dinilai dalam perlombaan ini. Mulai dari bangunan pos kamling, kelengkapan peralatan, kebersihan serta keterampilan petugas siskamling.

Memasuki sesi penilaian, tim siskamling dari lingkungan RT 03 RW 03 Dusun Sukahurip Desa Langensari, menampilkan beberapa adegan saat melakukan tugas siskamling.

Penampilan dimulai dengan peragaan siskamling di pos kamling kemudian peragaan pemukulan kentongan dilanjutkan dengan peragaan patroli lingkungan dan peragaan lainnya.

Selain itu, tim penilai juga melontarkan beberapa pertanyaan terkait hal-hal yang berkaitan dengan keamanan lingkungan saat pelaksanaan siskamling.

Dari tiga pertanyaan yang dilontarkan oleh tim penilai Polda Jabar, tim siskamling perwakilan Desa Langensari menjawab semua pertanyaan dengan lugas.

Sementara itu, AKBP Melda Yanny, selaku Kapolres Kota Banjar mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat di Desa Langensari yang sudah ikut menyukseskan kegiatan tersebut.

Ia juga mengingatkan untuk selalu menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah Langensari umumnya di Kota Banjar.

“Untuk hasil akhir kita serahkan kepada tim penilai dari Polda Jabar,” kata Kapolres.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat Langensari, Kepala Desa Langensari dan Danramil Langensari.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter