Fokus Kota Banjar Seni dan Budaya Sosial

Peringatan Maulid Nabi Momen Untuk Membangkitkan Dan Menjaga Semangat Nabi Dalam Diri Umat

Reporter: Zaenal Abidin

KOTA BANJAR.FOKUSPRIANGAN.ID – Warga di lingkungan Tanjungsukur RT 003 RW 017 Kota Banjar mengadakan pengajian untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (8/11/20).

Ustadz Yudi yang mengisi tausiah dalam acara tersebut menyampaikan, memperingati maulid semata-mata untuk mengenang warisan dan peranan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya.

Masih kata Ustadz Yudi, selain mewarisi apa yang nabi tinggalkan kepada kita yakni Alquran dan Hadist serta Sunah, akhlak juga menjadi hal yang utama.

“Nabi Muhammad adalah Uswatun Hasanah atau suri tauladan bagi kita semua,” ujar Ustadz Yudi.

Ustadz Yudi menjelaskan, peringatan maulid Nabi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tidak selalu harus dilakukan di masjid atau acara-acara peringatan maulid Nabi.

Ia mencontohkan, ketika kita memberi santunan kepada fakir miskin atau anak yatim, dan hal tersebut dilandasi oleh niat kita ingin mengagungkan dan memuliakan Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, dengan melakukan hal tersebut kita sudah memperingati maulid Nabi Muhammad SAW.

“Dengan peringatan maulid Nabi ini mendorong kita semua untuk senantiasa memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Ustadz Yudi menambahkan, dengan kita memperbanyak bersholawat kepada Nabi, dapat lebih memantapkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu Ustadz Yudi mengingatkan, peringatan maulid nabi bukan sekadar seremonial, tapi meneladani perilaku dan juga perbuatan Nabi Muhammad dalam semua aspek kehidupan dan aktualisasi diri.

“Dengan cinta kepada Rasulullah kita akan melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya dan kita termasuk orang yang menghidupkan sunnah Rasulullah SAW,” jelas Ustadz Yudi.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter