FOKUS SUKABUMI Politik Sosial

Ketiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Wajib Mengikuti Debat Publik

Reporter : Rusdi/Guntur

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Debat publik untuk pasangan calon ( paslon ) bupati dan wakil bupati Sukabumi akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Sukabumi pada tanggal 24 Nopember 2020 mendatang. Debat tersebut diikut oleh ketiga paslon yang akan mengikuti pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Berdasarkan informasi yang diperoleh Ketiga paslon diwajibkan untuk hadir dalam kegiatan debat yang direncanakan akan dilakukan di Hotel Agusta tersebut. Jika tidak, maka akan ada sanksi bagi paslon yang tidak ikut dan menolak untuk debat.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman kepada wartawan mengatakan, jika paslon tidak hadir dan menolak debat. Berdasarkan PKPU No 11 tahun 2020 pasal 22 disebutkan ada sanksi bagi peserta Pilkada 2020 yang tidak mengikuti debat tanpa alasan ialah akan diumumkan terbuka ke publik. Selain itu, sisa iklan pasangan calon yang difasilitasi KPU tidak ditayangkan terhitung sejak tidak mengikuti debat. Namun, jika ada kandidat yang berhalangan hadir dengan alasan tertentu, meski sebelumnya sudah menyatakan kesiapan, KPU akan memberi toleransi. “Jika kandidat tak hadir karena alasan sedang melakukan perjalanan ibadah maka harus dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga yang berwenang,” kata Fery, Minggu (8/11/20).

Sementara, ucapnya, untuk kandidat sakit maka wajib dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter. Keterangan itu, diserahkan kepada KPU Kabupaten paling lambat tiga hari sebelum debat digelar. Kemungkinan, pelaksanaan debat Pilkada 2020 akan disiarkan secara langsung oleh media sosial KPU. “Sudah pasti disiarkan secara online melalui media Center KPU, jika tidakpun akan ada siara ulang yang nantinya di Upload ke Media Sosial KPU, “tandasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter