FOKUS SUKABUMI Sosial

Warga Kebonpedes Dikagetkan Ambruknya Musholah Hingga Rata Dengan Tanah

Reporter: Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Warga Kebonpedes dikagetkan dengan ambruknya bangunan Musholah Arrohmah di ruas Jalan Raya Sasagaran, Kilometer 09, RT 04/02, Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, hingga nyaris rata dengan tanah, Jumat (06/11). Penyebab ambruknya bangunan mushola yang berada di sebrang jalan Makpolsek Kebonpedes, hingga kini belum diketahui dengan pasti.

Kapolsek Kebonpedes IPDA Tommy Ganhany Jaya Sakti mengatakan, peristiwa ambruknya musholah yang terjadi sekira pukul 12.07 WIB ini, pertama kali diketahui oleh sejumlah anggotanya yang hendak berangkat ke Masjid untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat. “Tiba-tiba anggota kita mendengar suara dan getaran. Anggota kira, awalnya kaya ada gempa. Namun, saat keluar kantor mereka melihat bangunan mushola yang berada di depan Mapolsek Kebonpedes sudah ambruk,” jelas Tommy kepada wartawan, Jumat (06/11/20).

Beruntung saja, kondisi bangunan mushola dalam keadaan kosong, sehingga tidak memakan korban jiwa. Namun, berdasarkan peninjauan ke lokasi kejadian, akibat bencana ini telah mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp120 juta. “Musholah yang roboh tersebut merupakan milik Pak H Ajat Sudrajat (70) asal warga Kampung Cikaret Hilir Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes,” imbuhnya.

Sementara itu Camat Kebonpedes, Ali Iskandar menduga ambruknya bangunan itu akibat konstruksi beton tidak kuat menahan beban. Mushalah itu sengaja dibuat sejajar dengan jalan raya meskipun sebagian posisi bangunan berada di atas tebing. “Sudah lama pembangunannya karena ada donatur dari orang Timur Tengah. Memang bangunan itu dibuat seperti terapung agar sejajar dengan jalan raya. Beton penopang bangunan itu diduga tidak kuat menahan beban, sehingga ambruk. Salah satunya faktor usia juga,” tutur Ali.

Mushalah berukuran 6×6 meter persegi itu setiap hari digunakan untuk beribadah hingga pengajian anak- anak. Sewaktu kejadian ambruk itu tidak ada aktivitas di musala. “Tidak ada korban jiwa. Hanya saja seluruh barang-barang rusak tertimpa bangunan,” tandasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter