Fokus Kota Tasik Pemerintahan Sosial

Puskesmas Kawalu Bersama Lintas Sektoral Gelar Woro-woro Gema 3M

Reporter : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Puskesmas Kawalu bekerjasama dengan lintas sektor melaksanakan kampanye Gerakan Masyarakat (GEMA) 3M secara mobile ke wilayah binaan yakni Kelurahan Karsamenak, Kelurahan Gunung Tandala , Kelurahan Talagasari,, Selasa (03/11/2020).

Yang mengikuti kegiatan tersebut selain dari Puskesmas Kawalu, tampak hadir dari pihak Kecamatan, Kelurahan, Anggota Koramil 1203/Kawalu, Anggota Polsek Kawalu, BPBD Kota Tasikmalaya dan Karang Taruna Kecamatan Kawalu.

Penanggung jawab Upaya Kesehatan Masyarakat Puskesmas Kawalu, Enung Rohimah, S.ST menyatakan bahwa tagline pada kegiatan ini yaitu “Heuup Cicing Covid-19, yang mana pada kegiatan ini selain mengkampanyekan gerakan masyarakat 3M secara mobile ke masyarakat, juga sambil membagikan masker gratis kepada masyarakat atau pengguna jalan yang kedapatan tidak memakai masker.

“Kegiatan ini bukanlah pertama kali dilaksanakan Puskesmas Kawalu, kegiatan ini kami laksanakan secara rutin.
Penyebaran Covid 19 di Kota Tasikmalaya dinilai begitu cepat. Status hijau menjadi orange tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota Tasikmalaya dan gugus tugas covid 19 , namun tidak harus keterlambatan penanganan dan pencegahan disematkan semuanya ke Pemerintah Kota Tasikmalaya dan gugus tugas covid 19, namun yang paling konkrit dan efektif idalam memutus rantai covid 19 ini adalah kesadaran masyarakat terhadap bahaya covid 19 itu sendiri.

Semua langkah-langkah sudah dilakukan mulai dari himbauan dan sidak ke lokasi titik keramaian, namun masyarakat kadang masih tidak terlalu mempedulikan.
Gerakan masyarakat 3M ( Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker dan Menjaga jarak ) adalah kegiatan konkrit Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menyerukan kepada seluruh Puskesmas atau insan kesehatan untuk melaksanakan kampanye Gerakan Masyarakat 3M di setiap wilayah binaan masing-masing Puskesmas,” paparnya.

Kami berharap dengan seringnya sosialisasi langsung ke tengah masyarakat dan tempat-tempat umum, dengan sendirinya masyarakat akan terbiasa melaksanakan 3M, lanjut Enung

“Mudah-mudahan kegiatan gerakan masyarakat ( Germas ) ini efektif dan terasa oleh masyarakat luas dan berdampak positif bagi kita semua,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kecamatan Kawalu Irfan Ramdani mengatakan dirinya mengapresiasi kegiatan Gema 3M ini secara mobile atau roadshow.

“Kegiatan ini sangat positif, dengan terjun langsung ke masyarakat memberikan sosialisasi ini adalah langkah efektif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selaku organisasi mitra Pemerintah, Karang Taruna akan selalu siap sedia membantu program Pemerintah,” kata Irfan.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Warga Dua Desa di Pelabuhanratu Terpaksa Berjalan Diatas Lumpur
29
Siapa Calon Bupati dan Wakil Bupati Kab.Tasikmalaya Pilihan Anda?