FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

Diskominfo Kabupaten Sukabumi Bersama KIM JSS Gelar Bimtek Penggunaan dan Operasional Drone

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Sukabumi bersama Kelompok Informasi Masyarakat Jelajah Sejarah Soekaboemi (KIM JSS) menggelar bimtek penggunaan dan operasional drone bertempat di Parakansalak. Bimtek tersebut difokuskan pada materi seputar drone untuk pengembangan kesejarahan di Sukabumi.

Penyelenggaraan bimtek bekerja sama dengan Departeman Geografi Fakultas Matematika dan IPA Universitas Indonesia (MIPA UI). Narasumbernya adalah Ketua Departemen Geografi MIPA UI, DR. Supriatna, MT. Bimtek digelar selama dua hari dengan penutupan pada Senin (2/11/2020).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Bimtek diikuti para peminat sejarah yang sering melakukan survei dan penelitian kesejarahan secara sukarela. Para peserta ingin mengetahui dan mendalami cara penggunaan drone untuk mendukung kegiatan survei yang dilakukannya, terutama dalam teknik pemotoan dari udara.

Jumlah pesertanya sekitar 50 orang yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, volunteer, pecinta alam, pengurus museum, penggiat sejarah dan budaya, serta intansi pemerintah. Mereka sangat antusias mengikuti bimtek dan menyimak dengan tekun setiap materi yang disampaikan narasumber.

Pada bumtek itu, DR. Supriatna menyampaikan materi-materi yang terkait dengan drone antara lain jenis-jenis, spesifikasi unit, fungai, dan petunjuk cara penggunaannya. Dia juga memberikan materi praktik lapangan menggunakan drone di tempat terbuka.
Komunitas JSS berharap  kegiatan tersebut dapat membuka dan meningkatkan wawasan kesejarahan para peserta dengan memanfaatkan teknologi terbaru.

Melalui bimtek tersebut, KIM JSS mengajak para peserta, khususnya dari kalangan generasi milenial untuk menaruh minat terhadap upaya penggalian, pendokumentasian, dan pelestarian aset-aset bernilai sejarah. Dengan bertambahnya peminat sejarah diharapkan semakin banyak pula ODCB (Objek Diduga Cagar Budaya) yang bisa ditemukan dan dimanfaatkan fungsi kesejarahannya secara maksimal.

Bagaimana tanggapan anda ?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Baca Juga  Penampilan X-PASS Band Membawakan Lagu Lawas, Memukau Para Pengunjung
29
Siapa Calon Bupati dan Wakil Bupati Kab.Tasikmalaya Pilihan Anda?