Fokus Jakarta Sosial

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur Gelar Diskusi Virtual Bedah Buku Roller Coaster Pemilu

Reporter : Nur Azizah

JAKARTA.FOKUSPRIANGAN.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur gelar diskusi virtual bedah buku Roller Coaster Pemilu, Rabu (21/10).

Dengan, menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang nya.

Dalam kesempatan itu hadir Plh ketua KPU DKI Jakarta, Nurdin, beserta anggota yang lainnya, ketua dan anggota KPU se DKI Jakarta dan kota- kota sekitarnya, Asisten Pemerintahan, Ari Sonjaya mewakili Wali Kota Jakarta Timur, Hamid Mas’ud mantan Kesbangpol Jakarta Timur, pengurus Partai Politik, dan stakeholder lainnya. Selain itu siswa sekolah, mahasiswa, dan tentunya Bawaslu sebagai mitra penyelenggara pemilu, serta para mantan PPK PPS, maupun Panwas.

“Kegiatan ini memang dirancang sekaligus untuk evaluasi pelaksanaan pemilu 2019 di Jakarta Timur, sehingga rangkaian peristiwa dan kegiatan yang dilaksanakan dalam pelaksanaan pemilu 2019 pun hadir kembali dalam ingatan, termasuk dinamika yang mewarnai proses penyelenggaraan pemilu di Kota dengan jumlah pemilih terbesar di seluruh NKRI ini,”kata Wage selaku Ketua KPU Jakarta Timur sekaligus pengarang buku Roller Coaster Pemilu.

Dinamika yang diwarnai cerita suka dan duka serta pasang surut yang mewarnai penyelenggaraan pemilu di Jakarta Timur inilah yang kemudian di ibaratkan Rollercoaster dan menjadi judul buku ini. Bersyukur dan bangga menjadi bagian dari sejarah penyelenggaraan pemilu di kota Jakarta Timur,”ungkap Wage.

Di tempat yang sama, Nurdin selaku Plh KPU DKI Jakarta menyampaikan keynote speaker nya.”Tanpa ada dukungan dari Pemerintah kota Jakarta Timur , maka pemilu di Jaktim tidak akan bisa terselenggara dengan baik.

Sementara, Hamid Mas’ud selaku mantan kepala Kesbangpol, mengatakan, “saya sangat mengapresiasi penulis yang mampu menuangkan dinamika Penyelenggaraan Pemilu di Jakarta Timur secara padat dan berisi.”Ia juga menyampaikan dan perhatiannya dalam pemilu 2019 di Jakarta Timur adalah masalah pengelolaan logistik.

Jumlah logistik pemilu yang luar biasa besar jumlahnya tentu memerlukan tempat yang ekstra besar juga untuk penyimpanannya, walaupun akhirnya Pemkot Jakarta Timur bisa menyediakan tempat tersebut.”Ujarnya.

Di tambahkan, Sakhroji selaku ketua Bawaslu Jakarta Timur, mengatakan,
“Hal yang disoroti adalah masalah pendataan pemilih, terutama yang berada di Lapas maupun rutan, baik di pondok bambu, maupun di Cipinang. Karena penghuni lapas dan rutan tersebut tentunya hanya sementara, sehingga harus bisa dipastikan bahwa pemilih yang menggunakan hak pilihnya adalah yang sebelumnya juga didata, atau pemilih yang didata belum keluar pada saat pelaksanaan pemilu.

Semoga buku Roller Coaster Pemilu ini bisa bermanfaat dan menambah cakrawala pengetahuan tentang kepemiluan di Indonesia.
Di Lansir : Fokussatu.com

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter