Fokus Kota Tasik Sosial

Dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Unsil Laksanakan Sosialisasi Pengabdian Pada Masyarakat

Reporter: Anton

KOTA TASIK. FOKUPRIANGAN. ID – Dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi (Unsil) melaksanakan sosialisasi pengabdian pada masyarakat dengan tema “Perbaikan Drainase Lingkungan Berbasis Kesehatan Guna Pencegahan Sarang Nyamuk Chikungunya, yang bertempat di Masjid Al-Ilyas Jalan Citalaksana RT 01/RW 1 Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes. Kota Tasikmalaya, Rabu (21/10).

Ketua Tim pengabdian pada masyarakat Drs. Indra Mahdi, ST., MT. (Dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil Fakultas Teknik Unsil) mengatakan dalam acara sosialisasi ini kami bekerjasama dengan Puskesmas setempat untuk menekan jumlah sarang nyamuk chikungunya dan dengan masyarakat membangun saluran drainase yang baik,”katanya.

Masih menurut Indra Mahdi, untuk solusi terkait masalah yang di temukan di lapangan adalah.
1.Memberikan stimulan dengan pembangunan system drainase yang sesuai dengan aturan dari dinas pekerjaan umum .
2. Bekerjasama dengan Puskesmas Cigeureung dan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dalam sosialisasi Pemeberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serta Pengasapan (fogging) pada daerah yang banyak kasus DBD dan Chikungunya.
3. Peyuluhan dengan puskesmas dan Dinas Kesehatan menggunakan media yang menarik bagi masyarakat berupa film dan slide juga pemberian refellent. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini dilaksanakan dengan cara 5 W 1H , yaitu meyelesaikan masalah dari pernyataan : what, who, where, when, why, how,”ucapnya.

Terakhir Indra Mahdi mengatakan dewasa ini banyak sekali permasalahan yang menyangkut tentang kesehatan, terutama di Negara Indonesia. Seperti meningkatnya beberapa penyakit menular ( re-emerging disease), penyakit tidak menular dan penyakit degeneratif.

Salah satu penyakit menular yang perlu menjadi perhatian adalah chikungunya yang jumlah kasusnya cenderung meningkat serta peyebarannya luas dan cenderung menimbulkan KLB. Nyamuk yang menyebabkan Demam chikungunya dan DB perlu diwaspadai karena penyebaran dan siklus hidup yang cepat berkembang serta jangkauan terbangnya dengan radius bisa mencapai kurang lebih 200 meter”, pungkasnya.

Adapun sebagai Ketua kegiatan yaitu Drs. Indra Mahdi, ST., MT. (Dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Unsil) dan anggota Ir. Empung, MT., Hendra, ST.MT., dan Oka Agus Kurniawan S, M. Pd.,.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter