Fokus Kota Banjar Pemerintahan Sosial

DLHK Banjar Melakukan Pemangkasan Pohon Mengantisipasi Musim Hujan

Reporter: Zaenal Abidin

KOTA BANJAR, FOKUSPRIANGAN.ID – Mengantisipasi pohon tumbang saat musim hujan datang, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Banjar melalui Bidang Pertamanan melakukan pemangkasan pohon.

Upaya tersebut dinilai efektif dalam mengantisipasi pohon tumbang saat musim hujan.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Banjar, Ninding mengatakan, untuk memangkas pohon, pihaknya mempunyai beberapa pertimbangan. Mulai dari pohon yang sudah rapuh ataupun dahan dan ranting pohon yang menjorok ke badan jalan.

“Selain pemangkasan, kita juga lakukan pemeliharaan rutin. Memasuki musim hujan ini kita meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya pohon tumbang. Jadi, mengantisipasi hal tersebut, pemangkasan pohon lebih kita intensifkan lagi,” ujar Ninding, saat ditemui di ruang kerjanya. Selasa (20/10/2020).

Menurut Ninding, faktor angin kencang juga berpengaruh saat terjadi pohon tumbang. Pihaknya juga mengimbau warga agar turut memangkas pohon yang rawan tumbang disekitar rumahnya. Sehingga bisa meminimalisir resiko bencana saat diterpa angin kencang.

“Hari ini, kita melakukan pemangkasan di Jl. Letjen Suwarto. Dimulai dari Bank BJB sampai Bank BNI. Akan kita marathon dari satu titik ke titik lain. Dengan upaya semaksimal mungkin,” jelasnya.

Kedepan, Ninding ingin semua pot yang sudah rusak untuk direvitalisasi. Begitupun pohon-pohon besar yang berpotensi tumbang untuk diganti dengan tanaman baru yang lebih mempunyai fungsi estetik dan ekologis.

“Tabebuya, Bugenvil dan sebagainya bisa dijadikan pilihan. Karena taman kota bukan hanya butuh rindang saja, tapi juga harus indah dan enak dipandang mata,” pungkasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter