Fokus Kota Banjar Pemerintahan Sosial

Banpres Produktif UMKM Tahap Dua di Kota Banjar Membludak

Reporter : Zaenal Abidin

KOTA BANJAR,FOKUSPRIANGAN.ID – Bantuan Presiden (Banpres) ini merupakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Penyaluran bantuan ini terus digenjot oleh pemerintah, khususnya untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal tersebut disambut antusias oleh pelaku UMKM di Kota Banjar. Antusiasme pelaku UMKM tersebut bisa dilihat dari data yang masuk di bidang UMKM Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banjar.

Menurut Tatang Nugraha, Kepala Bidang UMKM DISKUKMP Kota Banjar, data hari ini saja, Rabu (21/10/2020), pukul 10.45 WIB pelaku UMKM yang terdata sekitar 35.810. Ia memperkirakan pengajuan gelombang kedua ini bisa mencapai 50 ribuan sampai nanti penutupan pada tanggal 29 Oktober.

“Memang ada peningkatan drastis untuk tahap 2 ini. Pada tahap 1, kita ajukan sekitar 25 ribuan pelaku UMKM. Yang lolos verifikasi sekitar 17 ribuan. Adapun yang sudah dan sedang menunggu pencairan sekitar 10 ribuan per 15 Oktober. Jadi untuk tahap 1, dari 17 ribuan pelaku UMKM yang terverifikasi masih ada 7 ribuan lagi yang datanya belum masuk ke BRI,” bebernya, Rabu (21/10/2020).

Tatang mengatakan, persyaratan untuk mengajukan bantuan program ini tergolong mudah. Pelaku UMKM harus warga negara Indonesia, mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), Bukan ASN, TNI/POLRI, serta pegawai BUMN/BUMD, memiliki usaha mikro dan tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR.

“Untuk pendaftaran tahap dua, kita arahkan secara online. Pendaftaran secara online dilakukan karena lebih efektif dan efisien, selain itu meminimalisir kesalahan dalam penulisan NIK. Soalnya, kalau salah nulis NIK otomatis tidak bisa melakukan pengajuan,” jelas Tatang.

Setelah melengkapi persyaratan dan melakukan pengajuan, data tersebut akan masuk di database DISKUKMP Kota Banjar untuk kemudian diajukan ke Provinsi, selanjutnya data akan dikirim ke pemerintah pusat untuk verifikasi terakhir. Jika lolos verifikasi pelaku UMKM akan mendapat bantuan sebesar 2,4 juta rupiah yang ditransfer langsung ke rekening terdaftar.

“Saat ini pencairan hanya dilakukan di bank BRI. Kita hanya membantu mengajukan data, keputusan tetap ada di pusat,” jelasnya.

Tatang menambahkan, untuk pelaku UMKM yang sudah melakukan pengajuan tahap 1 bisa melakukan pengecekan secara mandiri. Pengecekan bisa dilakukan melalui e Form BRI pada laman google.

“Masuk ke google, lalu ketik dan klik ” e Form BRI” selanjutnya akan ada pilihan menu, kemudian cari kolom BPUM (cek data BPUM) lalu klik. Selanjutnya akan terbuka ke Form isian NIK kemudian isi. Jangan lupa kode verifikasinya diisi juga,” pungkasnya.

Link Registrasi Banpres Produktif UMKM tahap 2 Kota Banjar –> http://bit.ly/PenTahap2

Baca Juga  Pemdes Cinunjang Gelar Peringatan Isra Mi’raj
Flag Counter
Flag Counter