Fokus Kota Tasik Pemerintahan Sosial

Walikota Tasikmalaya Launching Program Revitalisasi Petugas Registrasi Kelurahan

Reporter : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dibidang administrasi kependudukan dan catatan sipil menuju masyarakat yang tertib, pemerintahan yang efektif dan efisien dan Negara yang memiliki daya saing, Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bertempat di aula Balekota Tasikmalaya menyelenggarakan Launching Program Revitalisasi registrasi Kelurahan, Selasa (20/10/2020).

Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman dalam sambutannya menyampaikan kegiatan revitalisasi petugas registrasi Kelurahan ini dimaksudkan untuk menunjukkan komitmen dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang lebih dekat dengan masyarakat. Yang diharapkan menjadi penguat landasan kedudukan serta tugas pokok dan fungsi petugas registrasi sebagai unit penyelenggara administrasi kependudukan di Kelurahan.

“Adapun pemanfaatan teknologi informasi di Kelurahan dalam menyelenggarakan sebagian urusan administrasi kependudukan diantaranya :
– Aplikasi sistim informasi administrasi kependudukan sebagai media untuk pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.
– Aplikasi kios administrasi kependudukan daring sebagai media untuk pelayanan online.
– Aplikas GIS Simantap : sebagai media untuk menampilkan data kependudukan Kelurahan,” papar H Budi.

Dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi ini diharapkan dapat mendukung kinerja perangkat Kelurahan, sehingga dapat meningkatkan kelancaran dan percepatan pelayanan kepada masyarakat dalam pelayanan afministrasi kependudukan, tambahnya.

“Adapun fungsi dari petugas registrasi antara lain :
– Verifikasi dan validasi data peristiwa kependudukan yang dilaporkan penduduk
– Verifikasi dan validasi data peristiwa penting khususnya kelahiran dan kematian warga yang dilaporkan penduduk.
– Pencatatan dalam buku harian, buku mutasi penduduk dan buku induk penduduk.
– Pemprosesan penerbitan dokumen kependudukan dan
– Penghubung dalam penyampaian dan pengambilan dokumen kependudukan,” pungkasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter