FOKUS SUKABUMI Sosial

Warga Penerima UMKM Penuhi Tiap Bank Plat Merah di Seluruh Unit di Sukabumi

Reporter : Rusdi-Guntur

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Warga Sukabumi calon penerima bantuan UMKM dari pemerintah berjubel mengantre di salah satu bank milik pemerintah. Antrean itu merata terjadi di sejumlah wilayah di Sukabumi.

Warga mengaku mendapat informasi sebagai penerima bantuan sebesar Rp 2,4 juta itu melalui layanan pesan singkat. Petugas keamanan bank terlihat kewalahan melayani masyarakat yang berebutan masuk untuk melakukan verifikasi sebagai penerima bantuan tersebut. “Kalau saya memang sebelumnya daftar berdasarkan data, saya cek spekulasi kemarin ternyata memang dapat. Nah tadi malam dapat informasi lagi lewat SMS, baru saya datang hari ini,” kata Yeni warga Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, saat ditemui wartawan di Bank BRI Palabuhanratu, Senin (19/10/2020).

Yeni mengaku akhirnya berhasil mencairkan uangnya setelah hampir 6 jam mengantre bersama ratusan warga calon penerima lainnya. “Alhamdulillah sudah cair Rp 2,4 juta. Saya antre dari jam 07.30 WIB baru selesai jam 11.30 WIB, memang kondisinya penuh butuh kesabaran,” ujarnya.

Lain Yeni lain pula dengan Endang, dia kaget campur senang ketika mengecek ke BRI KCP Cicicurug, ternyata dirinya mendapatkan BLT UMKM, tetapi sayang, alamat verifikasinya harus ke BRI Kabupaten Sumedang, meski begitu dirinya mengaku tidak patah semangat. “Setelah diurus Alhamdulillah akhirnya bisa cair juga di BRI Cicurug, Sumedang itu kampung saya, dulu saya pernah membuka rekening disana, jadi nyasar kesana deh,” kata Endang ditemui FokusPriangan.id tengah antri diteller untuk mencairkan bantuan yang diterima.

Beberapa warga yang mengantre mengaku mempunyai usaha warung, begitu mendapat kabar akan ada bantuan UMKM mereka ramai-ramai mendaftar bantuan tersebut.
“Lumayan buat usaha warung, saya ngantre dari pagi hanya tadi kata petugasnya dari kode yang ada saya harus ambil di BRI unit Cisolok. Padahal rumah saya di Cipatuguran, udah antre dari pagi sudah siang baru dapat jawaban,” ujar Siti Fatimah.

Beberapa warga juga mengaku menyimpan KTP nya di Bank untuk mempermudah proses verifikasi. Sebagian dari warga penerima juga ada yang dibantu pengurusannya oleh RT tempatnya tinggal. “Kalau saya ambil sendiri di rekening hanya tinggal titip KTP, di dalam sudah setumpukan. Ada juga yang dibantu sama RT,” kata Asep warga Parakansalak.

Pantauan dilapangan, mulai dari wilayah Cibadak, Cisaat, Cabang Kota Sukabumi dan BRI Unit Sukabumi Selatan Jalan Degung Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi sejak pukul 07.30 WIB warga sudah membludak. Bahkan sebagian warga berasal dari Kabupaten Sukabumi.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter