Fokus Kab Pangandaran Sosial

Asep Noordin; Program Baznas Harus Terbuka

Reporter: Zaenal Abidin

PANGANDARAN,FOKUSPRIANGAN.ID – Hal tersebut disampaikan oleh ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran, Asep Noordin H.M.M., usai memimpin rapat di gedung DPRD Kabupaten Pangandaran, Senin (19/10/2020).

Menurutnya, program-program Baznas harus benar-benar efektif dan tepat sasaran. Sehingga dampaknya benar-benar dirasakan oleh masyarakat luas, khususnya dalam menurunkan angka kemiskinan. Karena, salah satu tujuan utama dibentuknya Baznas adalah untuk mengentaskan kemiskinan.

“Pada prinsipnya DPRD mendukung semua program Baznas. Perlu diketahui juga, Perda tentang ZIS (Zakat, Infaq dan Sodakoh) adalah inisiatif DPRD bukan dari pemerintah daerah. Jadi kalau DPRD tidak melakukan itu, tentu sangat tidak benar,” ungkapnya.

Asep Noordin tidak menyakal kalau untuk saat ini anggota dewan di DPRD Pangandaran masih membayar Zakat secara mandiri, belum membayar Zakat secara kolektif di Baznas. Menurutnya, hal tersebut dilakukan karena belum ada kejelasan terkait program-program yang akan dilaksanakan Baznas.

“Dari awal saya katakan, di Baznas harus ada orang yang paham tentang ekonomi. Harus paham bagaimana membangun perekonomian bukan hanya sekedar memberi bantuan. Itu hanya salah satu tugas Baznas,” jelasnya.

Lebih lanjut, Asep Noordin menambahkan, pihaknya masih menunggu pihak Baznas untuk memaparkan semua program Baznas kepada semua komisi dan fraksi di DPRD. Ia pun berharap, agar Baznas bisa membangun kepercayaan masyarakat akan lembaga tersebut. Salat satu caranya yaitu dengan terbuka terkait semua program dan kegiatan Baznas.

“Saya lihat Baznas hari ini sudah lebih baik. Potensi kita besar, bayangkan kalau semua elemen bisa bersatu berzakat di Baznas, dampaknya akan luar biasa. Kedepan kita akan dorong semuanya untuk berzakat di Baznas. Tapi, kita masih menunggu Baznas untuk duduk bersama,” tuturnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter