Fokus Kab Pangandaran Pemerintahan Sosial

BPBD Bersama PHRI Adakan Pelatihan Tanggap Bencana

Reportetr : Zaenal Abidin

PANGANDARAN, FOKUSPRIANGAN.ID – Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Sosialisasi Hotel dan Restoran Tanggap Bencana (HOTANA).

Kegiatan ini diikuti oleh semua pelaku usaha Hotel dan Restaurant di Kabupaten Pangandaran. Bertempat di shelter Tempat Evakuasi Sementara (TES) Pasar Wisata Kabupaten Pangandaran kegiatan diikuti oleh sekitar 328 peserta.

“Rencana awal akan dilaksanakan dari Senin sampai Jumat. Akan tetapi karena beberapa hal, pelatihan hanya dilaksanakan sampai hari Rabu,” kata Adang Ismail, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Pangandaran, Kamis (15/10/2020).

Adang mengatakan, semua materi pelatihan terkait dengan kebencanaan terutama Tsunami. Hal tersebut juga berkaitan dengan banyaknya pemberitaan tentang Tsunami Megathrust setinggi 20 meter yang akan melanda di perairan selatan Jawa.

“Jadi diharapkan dengan pelatihan ini, para pegawai Hotel dan Restaurant bisa memberikan edukasi kepada pelanggan tentang kebencanaan. Jadi tidak terjadi kepanikan saat terjadi bencana, khususnya Tsunami,” jelas Adang.

Kedepannya, masih kata Adang, pelatihan Hotana akan dilakukan bertahap setiap minggu. Akan tetapi, untuk waktu pelaksanaan pihanya masih menunggu kesiapan dari PHRI.

“Rambu-rambu evakuasi sudah terpasang di setiap Hotel dan Restaurant di Pangandaran. Untuk titik aman evakuasi ada di shelter TEC, gedung tiga lantai yang berada di Pasar Wisata. Itu bisa menampung sekitar seribu orang,” beber Adang.

Adang mengimbau kepada semua pegawai Hotel dan Restaurant utamanya kepada pemilik, harus memahami tentang mitigasi bencana supaya tamu yang datang tahu tentang kebencanaan dan tahu tempat evakuasi ketika bencana datang.

“Kita tidak tau kapan bencana datang, jadi tidak usah takut. Akan tetapi kita harus tetap waspada,” pungkasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter