Fokus Jakarta Pemerintahan Sosial

Webinar Kominfo Dan DPR RI Bangkitkan Perekonomian UMKM di Tengah Pandemi

Reporter : Nur Azizah

JAKARTA, FOKUSPRIANGAN, ID – Ditjen IKP Kemkominfo RI dan DPR RI mengadakan Webinar dengan Tema“Membangkitkan Perekonomian UMKM di Tengah Pandemi Covid 19” melalui Zoom Cloud Meeting, Rabu, (14/10/2020).

Dengan menghadirkan Narasumber yang berkompeten di bidang nya yakni
Hillary Brigitta Lasut, SH., LL.M selaku Anggota Komisi I DPR RI, Prof. Dr. Widodo Muktiyo selaku Dirjen IKP, Kementerian Kominfo RI dan Sondang T. Tampubolon, SH., LL.M. selaku Pengamat Bisnis Internasional.

“Mendongkrak pertumbuhan ekonomi digital serta merangsang perkembangan UMKM melalui e-commerce,kenapa UMKM ? Karena UMKM merupakan pelaku ekonomi terbesar di Indonesia dengan 60 % kontribusi Pendapatan Domestik Bruto (PDB), di sampaikan Hillary Brigitta Lasut selaku anggota Komisi I DPR RI dalam paparan nya .

Lebih lanjut Hillary mengatakan pemerintah harus bersinergi dengan pelaku UMKM melalui upaya pemerintah dengan media e-commerce.

Pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk memperluas usahanya serta memasarkan produknya ke wilayah lain.

Perkembangan teknologi jika di manfaatkan dengan baik,maka akan mendorong lebih banyak pelaku usaha muda khususnya di sektor UMKM,terangnya.

“Pemerintah perlu ikut andil dalam mendorong ekonomi digital ,khususnya untuk generasi muda dengan mendorong UMKM,menyiapkan prasarana e-commerce sehingga UMKM bisa menembus pasar ekspor melalui platform digital .

Dan di harapkan generasi muda menjadi bagian dari gerbong ekonomi digital baik sebagai pemain atau pengguna .

Presiden Widodo dalam pelantikannya menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sedang berada di puncak bonus demografi ,di mana penduduk usia produktif jauh lebih tinggi dibanding usia tidak produktif.

Artinya generasi muda menjadi harapan dalam mendukung dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa ,apalagi saat ini pada masa pandemi Covid 19. Pemanfaatan teknologi menjadi peluang generasi muda dalam menggerakkan potensi ekonomi digital dari sektor UMKM.

Di akhir paparan nya Hillary menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah karena Kabupaten Talaut dan Minahasa Sulawesi Utara telah terpasang 169 titik internet ,dan masyarakat bisa mengakses internet.

Prof Widodo Muktiyo selaku Dirjen IKP Kominfo sebagai narasumber kedua mengatakan Kominfo dengan program digital Talent, market place menjadi media sarana UMKM. Jadikan UMKM seperti Supermarket virtual.

“Menjadi anak muda yang proaktif,percaya diri untuk mengemas produk ,sensasi produk bisa jadi penglaris barang tersebut, Penopang ekonomi nasional diantaranya ialah UMKM,oleh karena itu pemerintah mendukung UMKM,” paparnya Widodo.

Narasumber terakhir dari sisi pengamat atau praktisi ,Ibu Sondang Tampubolon selaku pengamat bisnis Internasional menyampaikan pemerintah telah memfasilitasi atau mempertemukan pebisnis UMKM ,dan ini sudah di lakukan oleh Bank BRI ,patut di apresiasi Bank BRI yang telah membuat wadah pertemukan UMKM dan pemberian modal KUR bagi pelaku bisnis UMKM.

“Sebagai praktisi saya melihat kondisi dan realita pelaku usaha UMKM, Strategi bisnis matching yakni mempertemukan UMKM dan pelaku bisnis di negara lain dan solusi pemberian modal untuk pelaku bisnis UMKM. Dan saya mengapresiasi Kominfo yang telah membuat acara Webinar ini,” tutupnya.
Editor: Aan.SGT

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter